Satu Hewan Untuk Kurban dan Aqiqoh
PERTANYAAN
seseorang meakukan ibadah kurban tapi dia belum aqiqah , apakah dia boleh
medobel niat ( niat kurban dan niat aqiqoh ) dengan satu hewan ?
(Ranting NU JATISARI)
JAWABAN
Melaksanakan kurban dan aqiqoh dengan satu niat
dan satu hewan adalah khilaf :
Menurut pendapat dari Imam Ibnu Hajar, Kurban
tidak boleh diniatkan bersamaan dengan niat aqiqoh . sedangkan menurut pendapat
Imam Romliy , Kurban boleh diniatkan bersamaan dengan aqiqoh
REFERENSI
1.
Tuhfatul Muhtaz Vol : 41 Hal : 172
2.
Syarwani Juz :9 hal : 370
3.
Itsmidul Ainain Hal : 77
وَظَاهِرُ كَلَامِ
الْمَتْنِ وَالْأَصْحَابِ أَنَّهُ لَوْ نَوَى بِشَاةٍ الْأُضْحِيَّةَ وَالْعَقِيقَةَ
لَمْ تَحْصُلْ وَاحِدَةٌ مِنْهُمَا وَهُوَ ظَاهِرٌ ؛ لِأَنَّ كُلًّا مِنْهُمَا سُنَّةٌ
مَقْصُودَةٌ وَلِأَنَّ الْقَصْدَ بِالْأُضْحِيَّةِ الضِّيَافَةُ الْعَامَّةُ وَمِنْ
الْعَقِيقَةِ الضِّيَافَةُ الْخَاصَّةُ وَلِأَنَّهُمَا يَخْتَلِفَانِ فِي مَسَائِلَ
كَمَا يَأْتِي وَبِهَذَا يَتَّضِحُ الرَّدُّ عَلَى مَنْ زَعَمَ حُصُولَهُمَا وَقَاسَهُ
عَلَى غُسْلِ الْجُمُعَةِ وَالْجَنَابَةِ عَلَى أَنَّهُمْ صَرَّحُوا بِأَنَّ مَبْنَى
الطَّهَارَاتِ عَلَى التَّدَاخُلِ فَلَا يُقَاسُ بِهَا غَيْرُهَا ) تحفة المحتاج في شرح المنهاج (41/ 172)
Penjelasan perkataan matan dan Ashab bahwasanya apabila satu kambing
diniatkan untuk kurban dan aqiqoh maka tidak ada yang berhasil dari masing
masing niat itu sudah jelas , karena masing masing merupakan kesunahan yang ada
maksud tertentu dan tujuan dari kurban adalah menyajikan suguhan secara
kehalayak umum sedangkan aqiqoh untuk suguhan khusus dan keduanya juaga berbeda dalam beberapa
masalah seperti yanga akan datang , dari itu menjadi jelas penolakan terhadap
ulama’ yang berpendapat berhasilnya kedua niat kurban dan aqiqoh dengan meyamakanya
pada masalah mandi jum’at dan jinabat dengan penjelasan mereka bahwa dasar
bersuci adalah saling mengisi maka tidak ada pengqiyasan untuk yang lainya .
( Tuhfatul Muhtaj Vol 41 hal : 172 )
ولو نوى بالشاة
المذبوحة الاضحية والعقيقة حصلا خلافا لمن زعم اه قوله: (لان كلا منهما إلخ) قد يقال
وأيضا كل منهما لا يحصل بأقل من شاة ويلزم من حصولهما بواحدة حصول كل منهما بدونها
اه سم عبارة البجيرمي عن الحلبي والشوبري ولو نوى بها العقيقة والاضحية حصلا عند شيخنا
خلافا لابن حج حيث قال لا يحصلان لان كلا الخ وهو وجيه اه قوله:
(الضيافة الخاصة) ما المراد من الخصوص هنا مع أنه لا فرق بينهما في الاكل والتصدق والاهداء
كما يأتي
)حواشي الشرواني والعبادي (9/ 370)
Apabila satu kambing diniatkan di sembelih untuk
kurban dan aqiqoh maka keduanya dapat berhasil berbeda dengan orang yang
perprasangka . perkataan : karena keduanya : terkadang di katakan begitu juga
salah satu dari keduanya tidak berhasil , lebih sedikit dari satu kambing , dan
pasti ketika salah satu berhasil dengan satu kambing maka dengan yang lainya
juga akan berhasil . ibarat dari kitab Al Bujairomi dari al Halabi dan Syaubari
: apabila seseorang menyembilih satu kambing dengan niat aqiqoh dan kurban maka
keduanya berhasil menurut Syaikhina berbeda dengan pendapat Ibnu Hajar yang
berkata keduanya tidak berhasil karena keduanya .dst ini merupakan satu wajah .
perkataan : suguhan yang khusus : apa yang dimaksud dengan khusus di sini
padahal tidak ada beda antara keduanya baik di makan , disedekahkan dan di hadiahkan
seperti keterangan yang akan datang .
( Hasyiyah Syarwani Juz : 9 hal : 370 )
[مسألة]: لو نوى العقيقة
والضحية لم تحصل غير واحدة عند (حج) ويحصل الكل عند (م ر).
{إثمد العينين :77}
( Masalah )
apabila seseorang berniat aqiqoh dan qurban maka tidak berhasil kecuali hanya
satu niat menurut Imam Ibnu Hajar . dan semua niat berhasil menurut Imam Romli
.
( Itsmidul Ainain Hal : 77 )
0 comments:
Post a Comment