Batasan Umur Anak dikatakan Yatim
Sudah menjadi kebiasaan di kalangan nahdliyyin bahwa
tiap-tiap bulan muharram sering diadakan acara santunan anak yatim
Pertanyaan :
Sampai umur berapakah seorang anak masih
digolongkan sebagai anak yatim ?
(Muslimat NU Ranting Dukuhmulyo)
Jawaban :
Seorang anak masih digolongkan sebagai anak yatim
sampai anak tersebut mencapai baligh.
Nash :
تفسير الجلالين للمحلي والسيوطي (2/ 22)
(ولا تقربوا مال اليتيم إلا بالتي) * أي بالخصلة
التي * (هي أحسن) *
وهي ما فيه صلاحه * (حتى يبلغ أشده) * بأن يحتلم *
Janganlah kalian semua mengambil harta anak anak yatim
kecuali dengan ketentuan yang benar yaitu perkara yang membawa kebaikan pada
anak yatim , hingga mereka mencapai umur balig , yaitu sampainya mereka pada
mimpi basah . ( Tafsir Jalalain Juz :2
Hal 22 )
حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بن
عَبْدِ اللَّهِ الْحَضْرَمِيُّ ، حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بن أَبِي بَكْرٍ
الْمُقَدَّمِيُّ ، حَدَّثَنَا سَلْمُ بن قُتَيْبَةَ ، حَدَّثَنَا ذَيَّالُ بن
عُبَيْدٍ ، قَالَ : سَمِعْتُ جَدِّي حَنْظَلَةَ ، يَقُولُ : قَالَ رَسُولرُ
اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : " لا
يُتْمَ بَعْدَ احْتِلامٍ ، وَلا يُتْمَ عَلَى
جَارِيَةٍ إِذَا هِيَ حَاضَتْ ".
(الشرح)
حديث (لا يتم بعد الحلم) رواه أبو داود عن على كرم الله وجهه قال (حفظت عن رسول
الله صلى الله عليه وسلم: لا يتم بعد احتلام ولا صمات يوم إلى الليل) وفى إسناده
يحيى بن محمد المدنى الجارى،... إلى أن قال... وقد استدل بالحديث على ان الاحتلام من علامات البلوغ، وتعقب
بانه بيان لغاية مدة اليتم، وارتفاع اليتم لا يستلزم البلوغ الذى هو مناط التكليف،
إنما يكون عند إدراكه لمصالح آخرته، ويؤيد مفهومه عند القائلين بان الاحتلام من
علامات البلوغ روايه احمد وابى داود والحاكم من حديث على رضى الله عنه وفيه (وعن
الصبى حتى يحتلم) وقد اسلفنا القول في ابواب الحجر في تعريف اليتيم {المجموع
الجز:15 ص:464}
Saya mendengar dari paman
saya Handolah bahwa Rosulullah SWA berkata : tidak ada sifat yatim setelah
mimpi basah dan tidaklah di katakan anak yatim bagi wanita yang sudah mengalami
menstruasi .
( Penjelasan ) Hadist ( tidak ada sifat yatim
setelah mimpi basah ) Hadist riwayat Abu Dawud dari Sahabat Ali Karomallahu
Wajhah beliau berkata : saya menghafal dari Rosulullah SWA : tidak ada sifat
yatim setelah mimpi basah dan tidak ada
puasa sehari semalam . dalam sanad hadist tersebut ada Yahya bin Muhammad al
Madani Al Jari .......... dan dan hadist menjadi dasar bahwa mimpi basah
merupakan tanda dari umur mencapai balig dan hal tersebut juga menandakan
batasan dari sifat yatim sedangkan hilangnya sifat yatim tidak serta merta
mengubah setatusnya menjadi balig yang mana balig merupakan tujuan dari
dibebankanya hukum syari’at . tetapi hilangnya sifat yatim merupakan kemaslhatan
bagi yatim itu sendiri di akhiratnya nanti . dari pemahaman hadist ini dapat
dikuatkan pendapat Ulama’ yang menyatakan bahwa : mimpi basah merupakan tanda
tanda dari masuknya umur balig , riwayat dari Abu Dawud, al Hakim dari Hadist
yang di riwayatkan oleh Sahabat Ali RA : dari anak hingga mimpi basah . dan dan
pendapat tersebut kami jadikan dasar untuk membuat bab Al Hijr ( pencegahan )
pada pengertian anak yatim . ( Al Majmu’ Syarhil Muhadzab Juz 15 Hal 464 )
(فصل) علامات البلوغ ثلاث تمام خمس عشرة سنة في الذكر والأنثى و الاحتلام في الذكر
والأنثى لتسع سنين والحيض في الأنثى لتسع سنين {متن سفينة النجا}
(
pasal ) tanda tanda balig ada tiga : sempurnanya umur lima belas tahun untuk
anak laki laki dan perempuan , mimpi basah untuk laki laki dan perempuan di
umur sembilan tahun , haid di umur sembilan tahun untuk perempuan .
(
Matan Safinatu Naja )
0 comments:
Post a Comment