HUKUM MENJUAL TANAH WAQAF
Pertanyaan :
Si A mempunyai sebidang tanah , kemudian diwaqafkan untuk kemaslahatan
masjid , apakah tanah tersebut boleh dijual untuk kamaslahatan masjid atau
harus dibangun masjid ?
Jawab :
Menjual tanah waqaf menurut ahli fiqih
hukumnya khilaf ,
a.. Menurut pendapat Imam syafi’i
dan Imam Maliki hukumnya tidak boleh secara mutlaq .
b. Menurut Pendapat Imam Hanafi
, Imam Ahmad dan Imam Subkiy boleh
menjual harta waqaf akan tetapi harus dibelikan kembali harta yang sesuai
dengan yang telah dijual dan yang lebih baik .
Ibarat :
1.
Rahmatu
Al Ummah Hal : 186
2.
Nihayatuz
Zaein Juz : 1 Hal : 272
3.
I’anatut
Tholibin Juz : 3 Hal : 179
4.
As
Syarqowy Ala A t Tahrir Juz :2 Hal
: 178
واتفقوا على أنه إذا خرب الوقف لم يعد إلى ملك الواقف.ثم اختلفوا في جواز بيعه، وصرف ثمنه في مثله، وإن كان مسجدا. فقال مالك والشافعي: يبقى على حاله فلا يباع. وقال أحمد: يجوز بيعه وصرف ثمنه في
مثله. وكذلك في المسجد إذا كان لا يرجى عوده. ﴿ رحمة الأمّة ص
: 186 ﴾
Ulama sepakat
bahwa apabila barang waqaf sudah rusak makatidak bisa kembali pada pemiliknya .
kemudian mereka berbeda pendapat tentang bolehnya menjual dan membelikan hasil
penjualanya pada barang yang semisal, meskipun itu masjid. Imam Malik Dan syafi’i
berpendapat : dibiarkan sebagaimana mestinya dan tidak boleh dijual.Imam Ahmad
berpendapat boleh menjual dan membelikan hasil penjualanya pada barang
semisalnya ,begitu juga dalam masalah masjid yang tidak dimungkinkan berdirinya
.
Rahmatu
Al Ummah Hal : 186
ولا يجوز استبدال الموقوف عندنا
وإن خرب خلافا للحنفية وصورته عندهم أن يكون المحل قد آل إلى السقوط فيبدل بمحل
آخر أحسن منه بعد حكم حاكم يرى صحته وعمارة الوقف مقدمة على الموقوف عليه ويصرف ريع
ما وقف على المسجد وقفا مطلقا أو على عمارته في بناء وتجصيص محكم وسلم ومكانس ومساح
لنقل التراب وظلة تمنع إفساد خشب باب ونحوه بمطر ونحوه إن لم يضر بالمارة وأجرة قيم
وكذا يصرف ذلك الريع للمؤذن والإمام والحصر والدهن إذا كان الوقف وقفا مطلقا
﴿ نهاية الزين الجزاء
الأول ص : 272﴾ المكتبة الشاملة
Tiadak boleh
menukarkan barang yang diwaqafkan menurut pendapat kami ( Syafi’iyah ) meskipun
barang tersebut sudah rusak , berbeda dengan Hanafiyah dengan gambaran mereka
yaitu tempatnya akan roboh maka ditkarkan dengan tempat lain yang lebih baik
setelah mendapat persetujuan dari hakim yang telah melihat kebenaranya . karena
memakmurkan waqaf lebih didahulukan ketimbang yang mendapatkan waqaf . dan di
tasharufkan hasil dari waqaf tadi kepada masjid dengan waqaf mutlaq atau atas
nama meramaikan masjid seperti membangun , membuat tembok pagar , tangga ,
umtuk tukang sapu untuk membuat kanopi sebagai penghalang dari kerusakan kayu
di pintu dll. Ketika tidak menghalangi orang yang lewat utuk upah marbot begitu
juga untuk upah mu’adzin , imam , untuk membeli tikar dan minyak ketika berupa
waqaf mutlaq .
Nihayatuz Zain
Juz : 1 Hal : 272
( قوله ولا يباع موقوف ) أي ولا يوهب
للخبر المار أول الباب وكما يمتنع بيعه وهبته يمتنع تغيير هيئته جعل البستان دارا. وقال السبكي يجوز بثلاثة شروط
أن يكون يسيرا لا يغيره مسماه وعدم إزالة شيء من عينه بل ينقله من جانب إلى آخر وأن
يكون فيه مصلحة للوقف ﴿ إعانة الطالبين الجزاء الثالث ص : 179﴾ المكتبة الشاملة
Perkataan barang waqaf tidak boleh dijual :
dan tidak boleh diberikan atasdasar hadits yang sudah lewat di awal bab .
seperti halya dilarang menjual dan memberikan harta waqaf , juga dilarang merubah
bentuknya seperti merubah kebun menjadi rumah . Imam Subkiy berpendapat boleh
menjual dst dengan tiga syarat . pertama hanya sedikit dan tidak merubah nama
dari waqaf kedua tidak menghilangkan sesuatu daru barang tersebut bahkan
memindahnya dari arah satu kearah yang lain, ketiga adanya kemaslahatan .
I’anatut Tholibin Juz : 3 Hal : 179
0 comments:
Post a Comment