Hukum Menjual Kulit Hewan Qurban
Diskripsi
Masalah :
Dalam berkurban
terkadang ada satu bagian dari hewan yang terlupakan dan bahkan tidak ikut
dibagikan , ya kulit, yang menjadi pertanyaan terkadang kulit
tersebut malah di jual dan uangnya digunakan untuk keperluan panitia .
(Ranting
NU Bungasrejo
Pertanyaan :
a. Bagaimana hukum menjual kulit hewan qurban , boleh apa tidak ?
b. Apakah penjualan tersebut bisa merusak pahala dari kurban itu ?
Jawaban:
a. Hukum menjual kulit hewan kurban ditafshil ( diperinci )
·
Apabila yang menjual adalah
orang yang berqurban maka hukumnya haram
·
Apabila yang menjual orang
yang menerima qurban maka hukumnya diperinci :
ü Apabila orang yang menerima seorang fakir / miskin ( orang yang
berhak menerima zakat ) maka hukumnya boleh menjual
ü Apabila yang menerima adalah orang kaya ( orang yang tidak berhak
menerima zakat )maka haram menjual
b. Apabila yang menjual adalah orang orang yang diharamkan menjual
maka bisa merusak pahala qurban tersebut .
Ibarat:
1.
Bajuri Juz : 2 Hal :
311
2.
Bugyatul Mustarsyidin
Hal : 258
3.
(ولا
يبيع) أى يحرم على المضحى بيع شيئ (من الأضحية) أى من لحمها أو شعرها أو جلدها.
{باجورى الجز:2 ص:311}
Haram bagi orang yang berqurban menjual sesuatu dari
hewan qurban seperti daging , bulu atau kulitnya .
Bajuri Juz : 2 Hal : 311
(مسألة) : يجب التصدق في الأضحية المتطوّعِ بها بما يَنْطَلِقُ عليه الاسمُ من اللحم ،
فلا يُجْزِي نحوُ شحم وكبد وكَرَش وجلد ، وللفقير التصرف في المأخوذ ولو بنحو بيع
المُسْلِم لملكه ما يُعْطاه ، بخلاف الغني فليس له نحوُ البيع بل له التَّصرُّف في
المُهْدي له بنحو أكل وتصدق وضيافة ولو لغني ، لأن غايتَه أنه كالمضحي نفسَه ،
قاله في التحفة والنهاية ، وجوّز (م ر) أن يكون المراد بالغني من تَحْرُمُ عليه
الزكاة ، قال باعشن : والقول بأنهم أي الأغنياءَ يَتَصَرَّفون فيه بما شاءُوْا
ضعيف وإن أطالوا في الاستدلال له.{بغية المسترشدين ص:258}
Masalah : wajib menyedekahkan daging hewan kurban sunah
, maka belum cukup hanya menyedekahkan lemak , perut dan kulitnya . bagi oarang
yang fakir boleh menggunakan yang di dapatkanya meskipun untik dijual karena
sudah menjadi hak milik berbeda dengan orang kaya maka baginya tidak diperbolehkan
menjual karena sebaiknya digunakan untuk pemberian seperti dimakan ,
disedekahkan , atau untuk suguhan tamu meski tamunya kaya karena orang kaya
disamakan dengan oarang yang berqurban . berkata dalam kitab At Tuhfah dan an
Nihayah , Imam romli mengartikan orang kaya adalah orang yang tidakberhak
menerima zakat . baisyan berkata : pendapat yang menyatakan bahwa orang kaya
boleh mentasharufkan sesukanya adalah pendapat yang lemah meskipun ulama’
memberikan dalil yang panjang .
Bugyatul Mustarsyidin Hal : 258
0 comments:
Post a Comment