Home » » Hukum Haji Amanah Bagi Orang Yang Sudah Meninggal Dan Tidak Pernah Sholat

Hukum Haji Amanah Bagi Orang Yang Sudah Meninggal Dan Tidak Pernah Sholat

    Hukum Haji Amanah Bagi Orang Yang Sudah Meninggal Dan Tidak Pernah Sholat 


      Deskripsi: 

Si Fulan meninggal dunia, semasa hidupnya tidak pernah menjalankan sholat sama sekali.
Ahli warisnya (anaknya) mengamanatkan haji untuk si Fulan tersebut. 

Pertanyaan

A.        Apakah amanat haji tersebut dapat menggugurkan kewajiban haji si Fulan apabila si Fulan semasa hidupnya termasuk orang yang telah mampu (istitho’ah) ?
B.        Apakah amanat haji tersebut dapat diterima oleh Allah Swt.  ? mengingat si Fulan tidak pernah menjalankan sholat sama sekali.
( Ranting NU Tanjungsari)

 Jawaban

A.      Dapat menggugurkan kewajiban haji, apabila dalam meninggalkan sholat si Fulan tidak jahid (ingkar akan kewajiban sholat )
B.      Amanat tersebut tetap harus dijalankan ketika dia meninggalkan harta warisan .

Ibarat
و(مسألة) : تارك الصلاة بالكلية والمخلّ ببعضها فاسق بالإجماع كتارك الزكاة  
 {بغية المسترشدين الجز: 1 ص:190 المكتة الشاملة}
Masalah : orang yang meninggalkan solat secara keseluruhan atau meninggalkan sebagianmaka dihukumi sebagai orang yang fasiq seperti halnya orang yang meninggalkan zakat .
Bugyatul mustarsyidin Juz : 1 Hal: 190

ثانيها استطاعة بغيره فتجب الإنابة عن غير مرتد مات وعليه نسك ولو بنحو نذر من تركته كما تقضى منها ديونه فلو لم تكن له تركة سن لوارثه أن يفعله عنه ولو فعله عنه أجنبي ولو بلا إذن من الوارث جاز كما يصح قضاء ديونه بلا إذن فإن لم يكن عليه نسك بأن كان أدى حجة الإسلام لا تجوز الإنابة عنه إلا لو أوصى بذلك وإلا جازت مطلقا قال شيخنا يوسف إذا كانت الأجرة من المنيب لا من التركة جازت الإنابة بلا وصية أما المرتد فلا تجوز الإنابة عنه لأنه ليس من أهل العبادة بل لو خلف مالا قضى منه دينه وما فضل يكون فيئا وتجب الإنابة عن المعضوب الذي عليه النسك وهو بالضاد المعجمة العاجز عن مباشرة النسك بنفسه إذا كان بينه وبين مكة مرحلتان فأكثر أما لو كان دون مرحلتين أو كان بمكة فإنه يلزمه مباشرة النسك بنفسه لقلة المشقة (نهاية الزين ص: 203)
Yang kedua : kuat karena bantuan orang lain , wajib digantikan ibadah hajinya dari orang yang tidak murtad yang belum menjalankan ibadah haji meskipun karena nadzar dari harta tinggalan mayit seperti halnya membayarkan hutang hutang mayit , apabila tidak meninggalkan harta warisan maka sunah bagi keluarganya menjalankan ibadah tersebut , apabila orang lain menggatikan dengan tanpa izin dari ahli waris maka di perbolehkan seperti halnya sah membayarkan hutang mayit dengan tanpa izin ahli warisnya , apabila tidak  ada haji yang ditinggalkan karena sudah pernah menjalankan haji Islam ( Haji wajib ) maka tidak boleh tidak diperbolehkan menggatikan ibadahnya kecuali dengan wasiatnyaapabila meninggalkan wasiat untuk di hajikan maka boleh secara mutlaq Syeh Yusuf berkata : ketika upah dari orang yang menggantikan tidak dari harta warisan maka diperbolehkan dengan tanpa wasiat  . adapun orang yang murtad mak tidak boleh digantikan hajinya karena dia tidak termasuk ahli ibadah bahkan ketika dia meninggalkan harta warisan maka bayarkan hutangnya dan selebihnya menjadi harta Fai’ ( harta rampasan ) wajib menggantikan ibadah haji dari orang yang tidak mampu menjalankan ibadah dengan dirinya sendiri ketika jarak antara tempatnya dan makah lebih dari dua marhalah atau lebih dan tidak boleh digantikan ketika jaraknya kurang dari dua marhalah maka wajib baginya menjalankanya sendiri dikarenakan sudah tidak ada masyaqot ( keberatan )


Nihayatuz Zain Hal :203
Share this video :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2013. Islam Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger