Hukum Haji Amanah Bagi Orang Yang Sudah Meninggal Dan Tidak Pernah Sholat
Deskripsi:
Si Fulan meninggal dunia, semasa hidupnya tidak pernah
menjalankan sholat sama sekali.
Ahli warisnya (anaknya) mengamanatkan haji untuk si
Fulan tersebut.
Pertanyaan
A.
Apakah amanat haji tersebut
dapat menggugurkan kewajiban haji si Fulan apabila si Fulan semasa hidupnya
termasuk orang yang telah mampu (istitho’ah) ?
B.
Apakah amanat haji tersebut
dapat diterima oleh Allah Swt. ?
mengingat si Fulan tidak pernah menjalankan sholat sama sekali.
( Ranting
NU Tanjungsari)
Jawaban
A.
Dapat menggugurkan kewajiban haji, apabila dalam meninggalkan sholat si
Fulan tidak jahid (ingkar akan kewajiban sholat )
B.
Amanat tersebut tetap harus dijalankan ketika dia meninggalkan harta warisan
.
Ibarat
و(مسألة) : تارك الصلاة بالكلية والمخلّ ببعضها
فاسق بالإجماع كتارك الزكاة
{بغية المسترشدين الجز: 1
ص:190 المكتة الشاملة}
Masalah : orang yang meninggalkan solat secara
keseluruhan atau meninggalkan sebagianmaka dihukumi sebagai orang yang fasiq
seperti halnya orang yang meninggalkan zakat .
Bugyatul mustarsyidin Juz : 1 Hal: 190
ثانيها
استطاعة بغيره فتجب الإنابة عن غير مرتد مات وعليه نسك ولو بنحو نذر من تركته كما
تقضى منها ديونه فلو لم تكن له تركة سن لوارثه أن يفعله عنه ولو فعله عنه أجنبي
ولو بلا إذن من الوارث جاز كما يصح قضاء ديونه بلا إذن فإن لم يكن عليه نسك بأن
كان أدى حجة الإسلام لا تجوز الإنابة عنه إلا لو أوصى بذلك وإلا جازت مطلقا قال
شيخنا يوسف إذا كانت الأجرة من المنيب لا من التركة جازت الإنابة بلا وصية
أما المرتد فلا تجوز الإنابة عنه لأنه ليس من
أهل العبادة بل لو خلف مالا قضى منه دينه وما فضل يكون فيئا وتجب الإنابة عن المعضوب الذي عليه النسك وهو
بالضاد المعجمة العاجز عن مباشرة النسك بنفسه إذا كان بينه وبين مكة مرحلتان فأكثر
أما لو كان دون مرحلتين أو كان بمكة فإنه يلزمه مباشرة النسك بنفسه لقلة المشقة (نهاية
الزين ص: 203)
Yang kedua : kuat karena bantuan orang lain , wajib
digantikan ibadah hajinya dari orang yang tidak murtad yang belum menjalankan
ibadah haji meskipun karena nadzar dari harta tinggalan mayit seperti halnya membayarkan
hutang hutang mayit , apabila tidak meninggalkan harta warisan maka sunah bagi
keluarganya menjalankan ibadah tersebut , apabila orang lain menggatikan dengan
tanpa izin dari ahli waris maka di perbolehkan seperti halnya sah membayarkan
hutang mayit dengan tanpa izin ahli warisnya , apabila tidak ada haji yang ditinggalkan karena sudah
pernah menjalankan haji Islam ( Haji wajib ) maka tidak boleh tidak
diperbolehkan menggatikan ibadahnya kecuali dengan wasiatnyaapabila
meninggalkan wasiat untuk di hajikan maka boleh secara mutlaq Syeh Yusuf
berkata : ketika upah dari orang yang menggantikan tidak dari harta warisan maka
diperbolehkan dengan tanpa wasiat .
adapun orang yang murtad mak tidak boleh digantikan hajinya karena dia tidak
termasuk ahli ibadah bahkan ketika dia meninggalkan harta warisan maka bayarkan
hutangnya dan selebihnya menjadi harta Fai’ ( harta rampasan ) wajib
menggantikan ibadah haji dari orang yang tidak mampu menjalankan ibadah dengan
dirinya sendiri ketika jarak antara tempatnya dan makah lebih dari dua marhalah
atau lebih dan tidak boleh digantikan ketika jaraknya kurang dari dua marhalah
maka wajib baginya menjalankanya sendiri dikarenakan sudah tidak ada masyaqot (
keberatan )
Nihayatuz Zain Hal :203
0 comments:
Post a Comment