Home » » HUKUM MENJUAL TANAH WAQAF

HUKUM MENJUAL TANAH WAQAF

                                 HUKUM MENJUAL TANAH WAQAF 
                 



                              
                                  Pertanyaan :

          Si A mempunyai sebidang tanah , kemudian diwaqafkan untuk kemaslahatan masjid , apakah                tanah tersebut boleh dijual untuk kamaslahatan masjid atau harus dibangun masjid ?

          Jawab :

                Menjual tanah waqaf menurut ahli fiqih hukumnya khilaf ,
a..  Menurut pendapat Imam syafi’i dan Imam Maliki hukumnya tidak boleh secara mutlaq .
b.   Menurut Pendapat Imam Hanafi ,  Imam Ahmad dan Imam Subkiy boleh menjual harta waqaf akan tetapi harus dibelikan kembali harta yang sesuai dengan yang telah dijual dan yang lebih baik .

Ibarat :

1.       Rahmatu Al Ummah   Hal : 186
2.       Nihayatuz Zaein  Juz : 1  Hal : 272
3.       I’anatut Tholibin  Juz : 3  Hal : 179
4.       As Syarqowy Ala A t Tahrir  Juz :2  Hal : 178

واتفقوا على أنه إذا خرب الوقف لم يعد إلى ملك الواقف.ثم اختلفوا في جواز بيعه، وصرف ثمنه في مثله، وإن كان مسجدا. فقال مالك والشافعي: يبقى على حاله فلا يباع. وقال أحمد: يجوز بيعه وصرف ثمنه في مثله. وكذلك في المسجد إذا كان لا يرجى عوده. ﴿ رحمة الأمّة ص : 186 ﴾
Ulama sepakat bahwa apabila barang waqaf sudah rusak makatidak bisa kembali pada pemiliknya . kemudian mereka berbeda pendapat tentang bolehnya menjual dan membelikan hasil penjualanya pada barang yang semisal, meskipun itu masjid. Imam Malik Dan syafi’i berpendapat : dibiarkan sebagaimana mestinya dan tidak boleh dijual.Imam Ahmad berpendapat boleh menjual dan membelikan hasil penjualanya pada barang semisalnya ,begitu juga dalam masalah masjid yang tidak dimungkinkan berdirinya .
Rahmatu Al Ummah   Hal : 186

ولا يجوز استبدال الموقوف عندنا وإن خرب خلافا للحنفية وصورته عندهم أن يكون المحل قد آل إلى السقوط فيبدل بمحل آخر أحسن منه بعد حكم حاكم يرى صحته وعمارة الوقف مقدمة على الموقوف عليه ويصرف ريع ما وقف على المسجد وقفا مطلقا أو على عمارته في بناء وتجصيص محكم وسلم ومكانس ومساح لنقل التراب وظلة تمنع إفساد خشب باب ونحوه بمطر ونحوه إن لم يضر بالمارة وأجرة قيم وكذا يصرف ذلك الريع للمؤذن والإمام والحصر والدهن إذا كان الوقف وقفا مطلقا
  ﴿ نهاية الزين الجزاء الأول ص :  272﴾ المكتبة الشاملة
Tiadak boleh menukarkan barang yang diwaqafkan menurut pendapat kami ( Syafi’iyah ) meskipun barang tersebut sudah rusak , berbeda dengan Hanafiyah dengan gambaran mereka yaitu tempatnya akan roboh maka ditkarkan dengan tempat lain yang lebih baik setelah mendapat persetujuan dari hakim yang telah melihat kebenaranya . karena memakmurkan waqaf lebih didahulukan ketimbang yang mendapatkan waqaf . dan di tasharufkan hasil dari waqaf tadi kepada masjid dengan waqaf mutlaq atau atas nama meramaikan masjid seperti membangun , membuat tembok pagar , tangga , umtuk tukang sapu untuk membuat kanopi sebagai penghalang dari kerusakan kayu di pintu dll. Ketika tidak menghalangi orang yang lewat utuk upah marbot begitu juga untuk upah mu’adzin , imam , untuk membeli tikar dan minyak ketika berupa waqaf mutlaq .
Nihayatuz Zain Juz : 1  Hal : 272

( قوله ولا يباع موقوف ) أي ولا يوهب للخبر المار أول الباب وكما يمتنع بيعه وهبته يمتنع تغيير هيئته جعل البستان دارا. وقال السبكي يجوز بثلاثة شروط أن يكون يسيرا لا يغيره مسماه وعدم إزالة شيء من عينه بل ينقله من جانب إلى آخر وأن يكون فيه مصلحة للوقف ﴿ إعانة الطالبين الجزاء الثالث  ص :  179﴾ المكتبة الشاملة
Perkataan barang waqaf tidak boleh dijual : dan tidak boleh diberikan atasdasar hadits yang sudah lewat di awal bab . seperti halya dilarang menjual dan memberikan harta waqaf , juga dilarang merubah bentuknya seperti merubah kebun menjadi rumah . Imam Subkiy berpendapat boleh menjual dst dengan tiga syarat . pertama hanya sedikit dan tidak merubah nama dari waqaf kedua tidak menghilangkan sesuatu daru barang tersebut bahkan memindahnya dari arah satu kearah yang lain, ketiga adanya kemaslahatan .

I’anatut Tholibin Juz : 3 Hal : 179 
Share this video :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2013. Islam Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger