Home » » HIKMAH DZULHIJJAH

HIKMAH DZULHIJJAH

HIKMAH DZULHIJJAH




Bulan Dzulhijjah merupakan salah satu  bulan yang istimewa dari beberapa bulan yang ada dalam hitungan satu tahun , kenapa tidak ... ??? di dalam bulan ini terdapat kewajiban ibadah yang hanya bisa di kerjakan pada bulan Dzulhijjah yaitu ibadah yang merupakan rukun islam yang ke lima yaitu haji, di dalam bulan Dzulhijah juga terdapat ibadah ibadah wajib maupun sunah yang hanya khusus di lakukan pada bulan tersebut dan tidak bisa di lakukan di bulan selain bulan Dzulhijjah:

1.     1.  Haji

Haji merupakan perintah wajib yang di perintahkan oleh Allah SWT kepada seluruh hambanya yang beriman dan sudah mampu untuk mengerjakan haji , hal tersebut sesuai dengan Firman Allah SWT dalam Al Qur’an Surat Ali Imron Ayat ; 97

وَلِلَّهِ عَلَى النَّاسِ حَجُّ البَيْتِ مَن اسْتَطَاعَ إلَيْهِ سَبِيلاً

 Artinya :
Dan dari Allah untuk Manusia haji ke Baitullah bagi orang orang yang mampu atas jalanya
( Ali Imron : 97 )

Juga hadist yang di riwayatkan oleh Imam Bukhori  Muslim


عن أبي هريرة قال: قال رسول الله : «أيُّهَا النَّاسُ قَدْ فَرَضَ الله عَلَيْكُمُ الحَجَّ، فَحُجُّوا مَنْ حَجَّ لِلَّهِ فَلَمْ يَرْفِثْ وَلَمْ يَفْسُقْ خَرَجَ مِنْ ذُنُوبِهِ كَيَوْمِ وَلَدَتْهُ أُمّهُ، وَالعُمْرَةُ إلى العُمْرَة كَفَارَةٌ لِما بَيْنَهُمَا والحجُّ المَبْرُورِ لَيْسَ لَهُ جَزَاءٌ إلاّ الجَنَّة

Artinya :
Dari Abi Hurairoh Rosulullah SAW berkata : wahai manusia sesungguhnay Allah telah mewajibkan haji atas kamu semua , mak berhajilah , barang siapa berhaji hanya karena Allah dengan tidak berkata keji dan tidak fasiq maka akan keluar dari dosa dosanya seperti baru di lahirkan, dan dari umroh satu ke umroh yang lain merupakan kifarat ( tebusan dosa ) dan tidak ada balasan untuk haji yang mabrur kecuali surga ( HR Bukhori , Muslim )

Dari ayat dan hadist di atas sebagai muslim yang beriman dan mampu maka wajib baginya melaksanakan ibadah haji satu kali dalam seumur hidupnya .

2.    2.   Puasa Tarwiyah dan Arafah

Amalan  yang di sunahkan dalam bulan Dzulhijjah adalah Puasa Tarwiyah dan Arafah , Puasa Tarwiyah adalah Puasa sunah yang di lakukan pada tanggal 8 Dzulhijjah sedangkan Puasa Arafah adalah puasa sunah yang di kerjakan pada tanggal 9 Dzulhijah yang bertepatan dengan hari Arafah . secara praktek puasa Tarwiyah maupun Arafah sama dengan puasa puasa sunah lainya hanya saja puasa ini hanya di lakukan pada tanggal 8 dan 9 Dzulhijah dengan niatnya sendiri . adapun keistimewaan puasa ini telah di dari Abu Qotadah . Rosulullah SAW bersabda :

صوم يوم عرفة يكفر سنتين ماضية ومستقبلة وصوم يوم عاشوراء يكفر سنة ماضية
Puasa hari Arafah dapat menghapuskan dosa dua tahun yang telah lepas dan akan datang, dan puasa Assyura (tanggal 10 Muharram) menghapuskan dosa setahun yang lepas.
 (HR. Muslim)

Sementara puasa Tarwiyah dilaksanakan pada hari Tarwiyah yakni pada tanggal 8 Dzulhijjah. Ini didasarkan pada satu redaksi hadits yang artinya bahwa Puasa pada hari Tarwiyah menghapuskan dosa satu tahun, dan puasa pada hari Arafah menghapuskan (dosa) dua tahun. Dikatakan hadits ini dloif (kurang kuat riwayatnya) namun para ulama memperbolehkan mengamalkan hadits yang dloif sekalipun sebatas hadits itu diamalkan dalam kerangka fadla'ilul a’mal (untuk memperoleh keutamaan), dan hadits yang dimaksud tidak berkaitan dengan masalah aqidah dan hukum.
Lagi pula hari-hari pada sepersepuluh bulan Dzulhijjah adalah hari-hari yang istimewa. Abu Abbas r.a meriwayatkan Rasulullah s.a.w bersabda:

ما من أيام العمل الصالح فيها أحب إلى الله من هذه الأيام يعني أيام العشر قالوا: يا رسول الله! ولا الجهاد في سبيل الله؟ قال: ولا الجهاد في سبيل الله إلا رجل خرج 
بنفسه وماله فلم يرجع من ذلك شيء

Tidak ada perbuatan yang lebih disukai oleh Allah SWT, dari pada perbuatan baik yang dilakukan pada sepuluh hari pertama di bulan Dzulhijjah. Para sahabat bertanya : Ya Rasulullah! walaupun jihad di jalan Allah? Sabda Rasulullah: Walau jihad pada jalan Allah kecuali seorang lelaki yang keluar dengan dirinya dan harta bendanya, kemudian tidak kembali selama-lamanya (menjadi syahid). (HR Bukhari)

3.    3.   Sholat Idhul Adha

Sholat Idhul Adha merupakan salah satu ibadah yang di sunahkan di lakukan oleh seorang muslim pada bulan Dzulhijjah tepatnya pada tanggal 10 Dzulhijjah adapun hukum sholat Idhul Adha adalah sunah muakad ( sangat dianjurkan ).
Sholat idul adha terdiri dari 2 rekaat rekaat pertama dengan takbir 9 kali dan rekaat kedua takbir 5 kali dan selebihnya sama dengan tata cara sholat pada umumnya .

4.      4. Kurban

Dalam pelaksanaanya kurban di lakukan pada tanggal 10 , 11, 12 , 13 Dzulhijjah dengan menyembelih hewan sebagai kurban yang kemudian dagingnya di bagikan kepada faqir miskin . hukum kurban sendiri adalah sunnah muakadah ( sangat dianjurkan ) yang di dasarkan pada Firman Allah SWT dala surat Al Kautsar ayat 1 – 3

إِنَّا أَعْطَيْنَاكَ الْكَوْثَرَ (1) فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْ (2) إِنَّ شَانِئَكَ هُوَ الْأَبْتَرُ (3)

Sesungguhnya kami telah memberikan nikmat bagimu , maka dirikanlah sholat karena tuhanmu dan berkurbanlah , sesungguhnya orang orang yang membencimu adalah orang yang terputus 
( Al Kautsar 1- 3 )

Demikian sedikit ulasan tentang hikmah bulan Dzulhijjah semoga bermanfaat .


Share this video :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2013. Islam Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger