Home » » Fadhilah Kurban

Fadhilah Kurban

Fadhilah Berkurban ( Udhiyah )


Kurban adalah satu ibadah sunah yang dikerjakan setiap tanggal 10 Dzulhijjah dan tiga hari Tasriq setelahnya yaitu tanggal 1, 12, 13 Dzulhijjah . 


Kurban ( Udhiyah ) memiliki arti nama dari hewan yang disembelih pada hari raya kurban dan tiga hari tasriq karena tujuan mendekatkan diri kepada Allah ( Taqorub ) . jadi bisa diambil kesimpulan bahwa kurban ( Udhiyah ) merupakan semua nama dari hewan hewan yang di sembelih pada hari raya kurban dan tiga hari tasriq dengan niatan untuk kurban kerena taqorub ( mendekatkan diri kepada Allah SWT ) semisal kambing , sapi , kerbau , unta dll semua nama hewan tersebut ketika di sembelih maka nama nya menjadi kurban ( Udhiyah ) . 

Hukum Kurban ( Udhiyah ) 

Hukum kurban ( udhiyah ) adalah sunah mu'akad , bagi mereka yang sudah mampu , islam , balig dan merdeka . hal berdasarkan Firman Allah SWT dalam surah Al Kautsar 


فَصَلِّ لِرَبِّك وَانْحَرْ
Artinya : Maka dirikanlah sholat dan berkurbanlah 

juga Hadits Nabi Muhammad SWA yang di riwayatkan dari sahabat Anas R a . 

ضَحَّى النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِكَبْشَيْنِ أَمْلَحَيْنِ أَقَرْنَيْنِ ذَبَحَهُمَا بِيَدِهِ وَسَمَّى وَكَبَّرَ وَوَضَعَ رِجْلَهُ عَلَى صِفَاحِهِمَا

Artinya : 

Nabi Muhammad SAW berkurban dengan dua kambing yang berwarna hitam bercampur putih dan yang bertanduk kuat , Nabi menyembelih keduanya dengan tangan beliau sendiri dengan menyebut nama Allah dan bertakbir serta menginjakan kakinya di atas keua dahi kambing . ( HR . Muslim ) 

dari ayat dan hadits di atas Ulama sepakat bahwa hukum kurban adalah sunah muakadah atau sunah yang mensdekati wajib . 

Hewan Yang digunakan Untuk Kurban 

dalam pelaksanaan kurban , hewan yang akan di gunakan untukk berkurban juga harus diperhatikan karena tidak semua hewan dapat digunakan untuk berkurban , adapun hewan yang dapat digunakan untuk berkurban antara lain : 

  • Unta 
  • Sapi / Kerbau 
  • Kambing 
hal itu berdasarkan Firman Allah SAW dalam Al Qur 'an surat Al Hajj ayat 34 : 

 وَلِكُلِّ أُمَّةٍ جَعَلْنَا مَنْسَكًا لِيَذْكُرُوا اسْمَ اللَّهِ عَلَى مَا رَزَقَهُمْ مِنْ بَهِيمَةِ الْأَنْعَامِ

Artinya : 

Saya ( Allah ) telah menciptakan pada tiap tiap umat tempat ibadah supaya mereka menyrebut Asma' Allah atas segala yang telah diberikan oleh mereka dari hewan hewan ternak . ( Al Hajj ayat 34 ) . 



kesimpulan hanya tiga jenis hewan ternak tersebut karena tidak ada Hadits atau keterangan dari Rosulullah SAW bahwa beliau pernah berkorban dengan selain tiga jenis hewan tersebut . ( Asnal Matholib Juz :6 Hal 464 )

dari ketiga jenis hewan tersebut juga harus memenuh persyaratan dianataranya , 
  • Unta berumur 5 masuk 6 tahun atau sudah copot gigi  ( powel , red , Jawa )
  • Sapi Kerbau berumur 2 masuk 3 tahun atau  ( powel , red , Jawa )
  • Kambing Kibas ( besar ) berumur 1 masuk 2 tahun atau ( powel , red , Jawa )
  • Kambing Ranti ( krikil / kacang , red , Jawa ) berumur 2 masuk 3 tahun  
  • Tidak Buta 
  • Tidak Pincang 
  • Tidak dalam keadaan sakit 
  • Ajfa' ( kuntet , red , Jawa ) 
Hikmah Berkurban 

Selain sebagai amalan sunah dan sarana untuk taqorub juga ada hikmah yang tersimpan bagi orang yang mau berkurban , di antaranya Hadits yang diriwayatkan oleh Anas dan sayidina Ali ra . yang redaksinya kurang lebih seperti ini : 

ketika seorang Mu'min di bangunkan dari kubur Allah berkata : wahai malaikatku jangan kamu giring umatku dengan berjalan kaki tapi naikkan mereka diatas kendaran mereka karena mereka sudah menyiapkan kendaraan mereka ketika di dunia . ( Durotun Nashihin  Hal : 338 ) 

dalam satu hikayah yang di ceritakan oleh Ahmad ibnu Ishaq  dia bercerita  bahwa , dia punya  seorang saudara yang faqir tapi dengan kefaqiranya dia selalu melakukan ibadah kurban setiap tahunya dengan menyembelih satu kambing dan ketika dia mninggal . saya mengerjakan sholat dua rekaat seraya meminta kepada Allah untuk memperlihatkan keadaan saudara saya tersebut dalam mimpi saya , kemudian saya tertidur dalam keadaan membawa wudhu , dalam mimpi saya terlihat bahwa hari sudah sampai pada masa qiyamat dan semua manusia di bangunkan dari kuburnya , dan ketika itu saya melihat saudara saya naik kuda berwarna abu abu sedang di kedua tanganya memegang beberapa tali unta , saya bertanya , apa yang di lakukan allah pada kamu wahai saudaraku ??  dia menjawab , Allah telah mengampuni saya . saya bertanya lagi , mengapa ? karena uang yang saya sedekahkan kepada wanita tua yang faqir lalu saya bertanya kembali , lalu bagaimana dengan unta unta itu ? dia menjawab ini adalah kurban kurban saya ketika di dunia dan yang saya naiki adalah kurban pertama saya . lalu kamu mau kemana ? dia menjawab , mau kesurga lau dia hilang dari hadapan saya ( Durotun Nashihin Hal : 338 ) 

demikian sedikit gambaran hikmah berkurban , semoga kita semua diberikan kemampuna hati dan kemampun harta untuk menjalanka kesunahanya sebagai sarana mendekatkan diri kepada Allah SWA , amin 



Share this video :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2013. Islam Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger