Home » » Sa'at Qunut Nazilah Yang Baik Tangan Dibalik Keatas atau Kebawah ????

Sa'at Qunut Nazilah Yang Baik Tangan Dibalik Keatas atau Kebawah ????

     Sa'at Qunut Nazilah Yang Baik Tangan Dibalik Keatas atau Kebawah ????



              Pertanyaan:
Membaca do’a qunut nazilah , ketika sampai kalimat tolak balak , yang baik tangan dibalik kebawah atau tidak ?
 (Ranting NU Sidomulyo)

Jawaban:

Apabila bala’nya belum terjadi yang terbaik telapak tangan menghadap keatas , apabila bala’nya sudah terjadi maka  yang terbaik adalah membalik telapak tangan kearah bawah .

Ibarat:

1.       Asnal Matholib Juz : 4 Hal : 174
2.       Fathul Mu’in
3.       Sittina Masalah Hal : 53

قَالَ الْعُلَمَاءُ وَالسُّنَّةُ أَنْ يُشِيرَ بِظَهْرِ كَفَّيْهِ إلَى السَّمَاءِ فِي كُلِّ دُعَاءٍ لِرَفْعِ بَلَاءٍ وَبِبَطْنِهِمَا إنْ سَأَلَ شَيْئًا ) أَيْ تَحْصِيلَهُ {  لِأَنَّهُ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اسْتَسْقَى وَأَشَارَ بِظَهْرِ كَفَّيْهِ إلَى السَّمَاءِ } رَوَاهُ مُسْلِمٌ وَقِيسَ بِالِاسْتِسْقَاءِ مَا فِي مَعْنَاهُ وَالْحِكْمَةُ أَنَّ الْقَصْدَ رَفْعُ الْبَلَاءِ بِخِلَافِ الْقَاصِدِ حُصُولَ شَيْءٍ فَيَجْعَلُ بَطْنَ كَفَّيْهِ إلَى السَّمَاءِ (أسنى المطالب الجز:4 ص:174 المكتبة الشاملة)
Ulama’ berkata : kesunahanya adalah menghadapkan belakang telapak tangan kearah langit pada setiap do’a untuk tolak bala’ dan dengan telapak tangandi atas ketika meminta sesuatu , karena Nabi berdo’a meminta hujan dengan membalik telapak tanganya HR Muslim . disamakan dengan istisqo’ do’a yang senada , adapun hikmahnya adalah kerena bertujuan menghilangkan bala’ berbeda dengan bertujuan menghasilkan sesuatu maka dengan menengadahkan telapak tangan kearah langit .
Asnal Matholib Juz : 4 Hal :  174

(رافعا يديه) حذو منكبيه ولو حال الثناء، كسائر الادعية، للاتباع، وحيث دعا لتحصيل شئ، كدفع بلاء عنه في بقية عمره، جعل بطن كفيه إلى السماء. أو لرفع بلاء وقع به جعل ظهرهما إليها. (فتح المعين)
Mengangkat kedua tangan sebatas pundak meski dalam do’a tsana’ seperti berbagai do’a karena ikut Nabi , dan apabila berdo’a untuk menghasilkan sesuatu seperti tolak bala’ pada sisa umurnya maka menghadapkan telapak tangan kearah langit atau untuk menolak bala’ yang sedang terjadi maka membalik telapak tangan .

Fathul Mu’in

(قوله رفع يديه) ويسن لكل داع رفع بطن يديه إلى السماء إن دعا بتحصيل شيئ وظهورهما إليها إن دعا برفعه أو عدم حصوله فيجعل ظهرهما إلى السماء عند قوله وقنى شرما قضيت (ستين مسئلة ص:53)
Perkataan : mengangkat kedua tangan , disunahkan bagi setiap orang yang berdo’a  mengangkat telapak tanganya kearah langit ketika meminta sesuatu dan membalik telapak tanganya ketika berdo’a menghilangkan sesuatu atau tidah menghasilkan sesuatu . membalik telapak tangan ketika sampai pada ucapan WAQINI SYARROMA QODOIT .


Sittina Masalah hal : 53
Share this video :

1 comment:

  1. Assalamulaikum wr wb

    Kami muslim papua mohon doa, soupport dan bantua dari bapak ibu, sdr/ dimana saja berada.

    Dengan keterbatasan kami dakwah di papua dan semngat kami menempuh jarak dari kota ke desa, dan dari desa ke desa itu butuh waktu 3 sampai 4 hari baru sampe.

    Dan banyak muslim di papua para guru ngaji itu mengajar dengan iqro dan al qur'an itu sobek sobek, bahkan di kota pun juga demikian.

    Kalau bapak ibu, sdar/i ingin wakafkan nanti kami berikan ke masjid masjid, dan ke taman pengajian, bisa juga berupa uang nanti kami usahakan.

    Bisa langsung hubungi dibawah ini.

    Capang bank BRI papua barat teluk bintuni
    Atas nama nasir tonoy
    No rekening : 108001010850507
    No WA dn no hp: 085244844961

    ReplyDelete

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2013. Islam Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger