Home » , » PERBEDAAN RUH DAN SUKMA

PERBEDAAN RUH DAN SUKMA

PERBEDAAN RUH DAN SUKMA 


Pada dasarnya ada perbedaan yang sangat signifikan ketika kita membicarakan tentang perbedaan ruh dan sukma , namun hal tersebut tetap hanya sebuah spekulasi karena kalau kita kroscek dalam Al qur’an , permasalahan ruh merupakan hak preogratif Allah sehingga tidak boleh ada yang mencampri .
Namun meski demikan  seperti itu sebagian dari kekasih Allah diberikan keistimewaan tentang pengertian ruh dan sukma tersebut . dalam kitab Durrotun Nashihin ada penjelasan tentang perbedaan Ruh dan Sukma .
والروح ثلاثة اضرب اولها سلطانية و الثانى روحانية والثالث جسمانية فموضع السلطانية الفؤاد يعنى القلب وموضع الروحانية الكبد يعنى الصدر وموضع الجسمانية بين اللحم والدم وبين العظم والعروق فإن قيل إذا نام العبد خرج روحه ام لا ؟ فإن قال قائل خرج فقد اخطأ وان قال لم يخرج فقد اخطأ . والجواب اذا نام العبد خرج روحه الجسمانى مع العقل ومشى بين السماء والارض فإن كان العقل معه رأى ما رأى فى المنام وإن لم يكن العقل معه رأى ما رأى ولكن لم يفهم

Ruh ( Nyawa ) dibagi menjadi tiga bagian ,  pertama Sulthoniyah kedua Ruhaniyyahketiga Jasmaniyah . adapun tempat ruh Sulthoniyah bermuara dihati dan ruh Ruhaniyah bertempat di dada sedangkan ruh Jasmaniyah bertempat diantara daging dan darah , diantara tulang dan urat . ketika ditanya , apabila seseorang tertidur apakah ruhnya keluar apa tidak ? apabila ada yang menjawab , ruhnya eluar maka jawaban tersebut salah dan apabila dijawab tidak keluar , jawaban tersebut juga salah . dan jawabanya adalah ketika seseorang tertidur maka ruh jasmaninya eluar dari tubuh bersamaan dengan akal dan berjalan diantara langit dan bumi apabila akal bersamaan dengan ryh tersebut maka maka orang tersebut bisa mengerti apa yang di lihat dalam mimpi dan apabila  akal tidak bersamanya maka orang tersebut tetap bisa melihat apa yang ada dalam mimpi tetapi tidak memahaminya .

Dari penjelasan diatas bisa kita pahami bersama bahwa dalam jasad manusia terdiri dari tiga unsur ruh yang kesemuanya memiliki fungsi yang berbeda . lalu apa perbedaan ruh dengan sukma , karena kalo kita fahami dri kosakata jawa antara ruh dan sukma bisa memiliki ma’na yang sama atau memang sama sama memiliki ma’na ruh akan tetapi berbeda jenis seperti keterangan diatas .

Dalam keterangan selanjutnya bisa kita pahami bahwa sukma dalam kosakata arab bukan berma’na ruh tetapi memiliki sebutan yang berbeda yaitu rowan , adapun perbedaanya dijelaskan dalam Durrotun Nashihin seperti berikut :
فإن قيل ماالفرق بين الروح والروان؟
قلنا الروح لايذهب ولا يجئ والروان يذهب ويجئ وإذا زال الروان نام العبد وإذا زال الروح مات العبد

Jika ditanya apa perbedaan ruh dan rowan ? maka kita menjawab : ruh tidak datang dan pergi ( tetap ) sedangkan rowan terkadang datang dan pergi , ketika rowan meninggalkan jasad seseorang maka dia akan tertidur sedangkan apabila ruh seseorang pergi maka dia akan mati .

Demikian sedikit gambaran perbedaan ruh dan sukma yang kamiambil dari kitab Durrotun Nashihin hal : 177 semoga memberi manfaat bagi kita semua . amin

Share this video :

18 comments:

  1. Replies
    1. KAMI SEKELUARGA TAK LUPA MENGUCAPKAN PUJI SYUKUR KEPADA ALLAH S,W,T
      dan terima kasih banyak kepada AKI atas nomor yang AKI
      beri 4 angka [1918] alhamdulillah ternyata itu benar2 tembus .
      dan alhamdulillah sekarang saya bisa melunasi semua utan2 saya yang
      ada sama tetangga.dan juga BANK BRI dan bukan hanya itu KI. insya
      allah saya akan coba untuk membuka usaha sendiri demi mencukupi
      kebutuhan keluarga saya sehari-hari itu semua berkat bantuan AKI..
      sekali lagi makasih banyak ya AKI… bagi saudara yang suka PASANG NOMOR
      yang ingin merubah nasib seperti saya silahkan hubungi KI JAYA,,di no (((085-321-606-847)))
      insya allah anda bisa seperti saya…menang NOMOR 610 JUTA , wassalam.


      Delete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Kalau ruh jazmaniah keluar bersama akal mati gak

    ReplyDelete
  4. Kenapa ada orang yg mengatakan kl seseorang tdk ada sukmanya?..apa berakibat jelek?..knp bs terjadi sukma tidak ada?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sukma=jiwa .berarti sama dengan karakter seseorang yg a

      Delete
    2. Ya bisa gila dong kalau sukmanya tidak ada.

      Delete
    3. Seseorang tidak ada sukmanya bisa jadi karena faktor perilaku. Tidak semua berakibat jelek (jika percaya Allah memberikan malaikat penjaga) dlm adat Jawa tersebut (dulur papa limo pancer nem ruh pitu nyowo/sukma). Langkah akhirnya, teyaplah berdoa dan selalu berbuat kebaikan maka engkau akan selalu dalam lingkaran "aman" 😊🙏

      Delete
  5. Pernah waktu dulu sukma saya kelepas pas di kelas, suasana kelas sama tapi rona warnanya yang beda. Tapi sukma saya gak berani pergi jauh baru juga sampe depan kelas udah ngeliat penampakan serem

    ReplyDelete
  6. dalam pengertian jawa ... ruh dan sukma berbeda tapi ada dalam diri manusia. sukma itu badan halus manusia. mudahnya bisa dianalogikan kulit ada yang terluar (badan) ada yang terdalam dan tipis yaitu kulit ari.

    ReplyDelete
  7. badan kasar dari unsur getih abang yaitu unsur ibu (ibu pertiwi) yaitu bumi. badan halus atau sukma dari unsur getih putih bapak (bopo banyu). Jadi pernikahan itu adalah perkawinan antara getih abang dan getih putih. Roh itu yang mengidupi "manusia". nyawa itu dzat yang hidup dalam diri manusia. jadi ada dzat yang menghidupi dan yang hidup. hidup menghidupi.

    ReplyDelete

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2013. Islam Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger