Home » » Amalan Yang Pahalanya Sampai Kepada Mayit

Amalan Yang Pahalanya Sampai Kepada Mayit

     Amalan Yang Pahalanya Sampai Kepada Mayit

     

      Pertanyaan : 

     Kalimah thoyyibah / amalan apa saja yang pahalanya bisa sampai kepada`arwah ahli waris yang sudah meninggal , aqpakah sholat , wirid , jama’ah dll bisa dihadiahkan kepada mayit , karena kebiasaanya yang dihadiahkan hanya tahlil saja , apakah ada amalan yang lain  yang lebih baik ?

 (Ranting  NU Bungasrejo)

Jawab :

Semua amal ibadah orang yang masih hidup baik ibadah badaniyah maupun maliyah bisa sampai dan bermanfaat kepada mayit apabila diniatkan / di hadiahkan kepada mayit .

Ibarat :

Fathul Wahab Juz : II Hal : 31 Maktabah Syamilah
Fatawi Ibnu Taimiyyah Juz 24 Hal : 178   

( وينفعه ) أي الميت من وارث وغيره ( صدقة ودعاء ) بالإجماع وغيره  وأما قوله تعالى { وأن ليس للإنسان إلا ما سعى } فعام مخصوص بذلك  وقيل منسوخ وكما ينتفع الميت بذلك ينتفع به المتصدق والداعي  أما القراءة فقال النووي في شرح مسلم المشهور من مذهب الشافعي أنه لا يصل ثوابها إلى الميت  وقال بعض أصحابنا يصل وذهب جماعات من العلماء إلى أنه يصل إليه ثواب جميع العبادات من صلاة وصوم وقراءة وغيرها وما قاله من مشهور المذهب محمول على ما إذا قرأ لا بحضرة الميت ولم ينو ثواب قراءته له أو نواه  ولم يدع بل قال السبكي الذي دل عليه الخبر بالاستنباط أن بعض القرآن إذا قصد به نفع الميت نفعه وبين ذلك وقد ذكرته في شرح الروض
 ﴿ فتح الوهاب ج :2 ص : 31
Bisa memberikan kemanfaatan kepada mayit pahala shodaqoh dan do’a dari ahli waris dan lainya berdasarkan kesepakatan ulama’  dan lainya . adapun firman Allah “ tidak untuk manusia kecuali apa yang dilakukanya sendiri “  ayat tersebut berma’na umum yang dikhususkan dan dikatakan ayat tersebut telah dihapuskan hukumnya . dan seperti halnya mayit mendapatkan kemanfaatan begitu juga orang yang bersedekahdan mendo’akan , adapun bacaan al  Qur’an Imam Nawawi berkata dalamkitab Syarah Muslim : pndapat ang masyhur dari madzhab Imam Syafi’i bahwa pahala bacaan alqur’an tidak sampai kepada mayit .  sebagian ulama’ kita berkata : pahalanya sampai . segolongan ulama berpendapat bahwa pahala semua ibadah baik sholat , puasa , bacaan al qur’an dll sampai kepada mayit . apa yang dikatakan Imam Nawawi dari pendapat yang masyhur berhenti ketika bacaan tersebut tidak didekat mayit ( kuburan mayit ) dan tidak diniatkan pahalanya untuk simayit atau diniatkan tetapi tidak dido’akan . bahkan As Subki berkata : perkara yang menunjukan riwayat dengan mengambil tendensi dari sebagian al qur’an ketika ada tujuan maka bermanfaat bagi mayit dan saya telah menyebutkanya dalam kitab syarah Raudhoh .
Fathul Wahab Juz : 2 Hal : 31
يجوز إهداء ثواب العبادات المالية والبدنية إلى موتى المسلمين. كما هو مذهب أحمد وأبي حنيفة، وطائفة من أصحاب مالك والشافعي. ﴿ فتاوى ابن تيمية ج : 24 ص : 178
Boleh menghadiahkan pahala ibadah baik berupa maliyah maupun badaniyah kepada mayit muslim seperti madzhab  Ahmad Bin Hambal dan abi Hanifah dan segolongan dari madzhab Maliki dan Syafi’i .

Fatawi Ibnu  Taimiyah : 24 :  178


Share this video :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2013. Islam Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger