Home » , , » RAIHLAH KESEMPATAN SEBELUM KESEMPATAN ITU HILANG

RAIHLAH KESEMPATAN SEBELUM KESEMPATAN ITU HILANG

RAIHLAH KESEMPATAN SEBELUM KESEMPATAN ITU HILANG

pembaca yang berbahagia dalam kesempatan kali ini saya akan coba memberikan sedikit suguhan tentang betapa manusia itu tidak sadar akan besarnya ni'mat Allah SWT sehingga mereka tidak merasakan hadirnya ni'mat tersebut dan ketika keni'matan tersebut di cabut oleh Allah baru mereka sadar bahwa ada yang berkurang dari dirinya , oleh karenanya mari Raihlah kesempatan sebelum kesempatan itu hilang .  

 sesuai dengan tema diatas Nabi menjelaskan dalam sebuah hadist : 

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : اغتنم خمسا قبل خمس : شبايك قبل هرمك وصحتك قبل سقمك وغناك قبل  فقرك وحياتك قبل موتك وفراغك قبل شغلك . رواه الحاكم والبيهقى

Rosululllah SAW bersabda : raihlah lima perkara sebelum lima perkara , masa mudamu sebelum tuamu , sehatmu sebelum sakitmu, masa kayamu sebelum miskinmu , hidupmu sebelum matimu , masa senggangmu sebelum sibukmu . ( HR Al Hakim , al Baihaqi )

Dari  hadits diatas terdapat penjelasan yang sangat penting bagi kita dan menjalani kehidupan ini menuju ridho robbi : 

Pertama : Raihlah masa muda kamu sebelum masa tua datang 

hal itu menjelaskan bahwa selagi kita masih muda dan masih kuat menjalankan berbagai macam aktivitas serta berbuat kabaikan mari raih kesempatan masa muda tersebut , karena ketika masa muda tersebut sudah hilang maka hilang pula kesempatan itu 

Kedua : Raihlah masa sehat kamu sebelum datang masa sakit 

kesehatan merupakan modal yang utama seseorang beraktivitas sehingga hal tersebut menjadi sangat penting maka pada waktu sehat mari perbanyak amal ibadah dan to'at selagi masih diberikan kekuatan sehat .

Ketiga : Raihlah masa kaya kamu sebelum datang kemiskinan 

Harta merupakan titipan dari Allah kapan dan dimana saja Allah berhak untuk memindah dan mencabutnya oleh karena itu selagi kita diberi kesempatan kaya , jangan sia siakan kesempatan tersebut dengan mengeluarkan hak hak kekayaan serta hak faqir miskin dengan bersedekah dll karena hal tersebut tidak akan bisa kita lakukan setelah Allah mencabutnya dari kita . 

 Keempat : Raihlah kesempatan hidup sebelum datang kematian 

Hidup merupakan anugarah sekaligus cobaan , karena hidup merupakan ujian yang harus dilalui oleh karenanya selagi kita diberi kesempatan hidup jangan sampai kita sia siakan , berbuat baik , beramal sholih , serta menjalankan semua perintah dan menjauhi laranganya merupakan kewajiban kita jangan sampai semua itu terlewatkan hingga ajal menjemput .

Kelima : Raihlah kesempatan di masa senggang sebelum datang masa sibuk 

Tim is Money salah satu ungkapan bagi mereka yang pekerja keras , namun hal itupun bisa jadi motivasi kita bersama bahwa masa senggang di dunia dimana kita bisa menjalankan segala aktivitas dan semua bisa berbuah pahala jangan sampai terlewatkan sehingga ketika kita di mahsar tidak ada lagi istirahat tidak ada lagi kesempatan karena semua disibukan dengan urusanya sendiri sendiri disibukan dengan catatan amal kita sendiri sendiri .

Semoga sedikit catatan ini dapat merubah pola pikir kita sehingga kita bisa meraih kesempatan sebelum kesempatan itu hilang  

( nashoihul ibad hal: 34 )

Share this video :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2013. Islam Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger