Home » » HUKUM BATASAN UMUR YANG MEMBATALKAN WUDHU KETIKA BERSENTUHAN KULIT

HUKUM BATASAN UMUR YANG MEMBATALKAN WUDHU KETIKA BERSENTUHAN KULIT

HUKUM BATASAN UMUR YANG MEMBATALKAN WUDHU 
KETIKA BERSENTUHAN KULIT




PERTANYAAN :

Berapakah batasan umur antara laki laki dan perempuan yang ketika bersentuhan kulit dapat menyebabkan batal wudhunya ? 9 Ranting  NU Sendangsoko)

JAWAB :

Batasan umur antara laki laki dan perempuan yang mengakibatkan batalnya wudhu ketika bersentuhan kulit menurut pandangan fiqih adalah khilaf :

·         Menurut pendapat yang shohih , dalam penentuan batal dan tidaknya tidak ditentukan dengan umur tetapi ketika sudah sampai pada batas menimbulkan syahwat ( Haddus syahwat ) menurut Urf  ( adat kebiasaan ) orang yang memiliki perwatakan normal .
·         Menurut pendapat Syekh Yusuf As Sanbalawie :
ü  Apabila sudah mencapai umur 7 tahun keatas maka membatalkan wudhu
ü  Pabila berumur 5 tahun kebawah , tidak membatalkan
ü  Apabila umur 6 tahun maka bisa membatalkan dan bisa tidak ,
Ø  Membatalkan apabila menimbulkan syahwat
Ø  Tidak membatalkan apabila belum menimbulkan syahwat
     
IBARAT :

1.      Minhajul Qowim Hal : 17
2.      I’anatut tholibin Juz : 1 Hal : 64
3.      Mirqodus  Su’ud  at Tashdiq Hal : 12


ولا ينقض صغير أو صغيرة إن كان منهما بحيث (لا يشتهى) عرفا غالبا لذوى الطباع السليمة فلا يتقيد بابن سبع سنين أو أكثر لإختلافه باختلاف الصغار والصغرات وذلك لانتفاع الشهوة حينئذ.  { منهاج القويم  ص: 17 )

Tidak membatalkan bersentuhan antara anak laki laki dan perempuan , apabila keduanya belum sampai batas menimbulkan syahwat menurut urf ( kebiasan ) bagi orang orang memiliki perwatakan normal . dan tidak dibatasi dengan umur 7tahun atau lebih karena perbedaan umur  anak bik laki laki maupun perempuan dan karena belum adanya perkara yang menimbulkan syahwat .

Minhajul Qowim Hal : 17

( قوله من لا يشتهى عرفا ) أى عند أرباب الطباع السليمة ولا يتقيد بسبع سنين لاختلاف ذلك بإختلاف الصغار.  { إعانة الطالبين  جز: 1 ص:64 }
Perkataan : seseorang yang tidak menimbulkan syahwat menurut urf : menurut orang orang yang punya perwatakan normal dan tidak sibatasi dengan umur 7 tahun karena perbedaan umur dengan istilah anak anak .

I’anatut Tholibin Juz : 1 Hal : 64

( لمس بشرة الأجنبية مع كبر ) يقينا فلا تنقض صغيرة لا تشتهى لأنها ليست في مظنة الشهوة. والمرجع في المشتهات إلى العرف على الصحيح ........ وقال شيخنا يوسف السنبلاوى: فإذا بلغ الولد سبع سنين فإنه ينقض باتفاق ذكرا كان أو أنثى. وإذا بلغ خمس سنين فلا ينقض باتفاق وأما إذا بلغ ست سنين ففيه خلاف: فقيل ينقض وقيل لا. هذا يرجع إلى طباع الناس حتى الولد إذا بلغ خمس سنين فقد ينقض لمن يشتهيهى ولا لغيره     {مرقات صعود التصديق ص:12 }

Menyentuh kulit bukan muhrim , tidaklah membatalkan menyentuh kulit anak perempuan yang belum di syahwati karena dia bukanlah tempatnya syahwat , sedang pendapat yang diunggulkan dalam permasalahan disyahwati adalah berdasarkan adat kebiasaan ( urf ) orang yang normal secara mental ....... Syekh Yusuf As Sanbalawie berpendapat : apabila anak sudah mencapai umur 7 tahun maka maka dapat membatalkan berdasarkan kesepakatan kaum laki laki dan perempuan . apabila mencapai umur 5 tahun maka tidak membatalkan berdasarkan kesepakatan , apabila mencapai umur 6 tahun maka terjadi perbedaan : satu pendapat membatalkan dan yang lain tidak dan perbedaan tersebut berdasarkan pada mental sseseorang sehingga anak umur 5 tahun terkadang bisa membatalkan bagi orang orang yang sudah tergerak syahwatnya dan tidak membatalkan bagi orang yang tidak tergerak syahwatnya .

Mirqodus Su’ud At Tasdiq Hal :12


Share this video :

6 comments:

  1. Mau tanya kalau kita ambil pendapat nya syekh yusuf assambalaweni ..bagaimanq menurut antum ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya terima kasih atas kunjunganya , terkait disiplin ilmu mengikuti syeh yusuf as smbalawani diperbolehkan , akan tetapi dalam penerapan hukum tetap harus mengedepankan pendapat yang kuat ( shohih atau mu'tamad )

      Delete
  2. Maaf mau tanya batalkah wudhunya bagi seorang anak lelaki dewasa yang ketika ia hendak sholat dia salim sama ibunya.. ataupun sebaliknya

    ReplyDelete

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2013. Islam Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger