Home » , » PENGERTIAN ULIL AMRI

PENGERTIAN ULIL AMRI

PENGERTIAN ULIL AMRI 

Kehidupan sosial atau berkelompok pada saat ini sudah tidak bisa dihindari , karena seiring dengan pertumbuhan populasi manusia yang terus berkembang serta membentuk sebuah tatanan kehidupan yang harus dijalani bersama . untuk dapat menjalankan kebersamaan tentu dibutuhkan suatu aturan atau sistem yang mengatur keberagaman serta kemajemukan yang ada , dalam mensikapi hal ini perlu adanya pemimpin yang dapat memimpin serta menegakan aturan aturan yang dibuat bersama untukkeberlangsungan hidup bersama . Allah SWT dalam Al Qur'an Surat  An Nisa' : 59 menjelaskan pentingnya patuh terhadap Ulil Amri ( pimpinan ) .

يأيها الذين آمنوا أطيعوا الله وأطيعوا الرسول وأولي الأمر منكم ( ( النساء : 59 )
" wahai orang yang beriman patuhlah ( taatlah ) kepada Allah , Rosul dan Ulil amri ( pemimpin ) kamu "

bahkan saking pentingnya taat dan patuh pada pimpinan dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh At Tirmidzi dijelaskan :

أوصيكم بتقوى الله والسمع والطاعة وان تأمر عليكم عبدحبشي 
" Aku berwasiat kepada kalian agar bertaqwa kepada Allah dan mendengarkan serta patuh kepada pemimpin meskipun seorang Habsyi " HR At Tirmidzi .

Melihat pentingnya patuh terhadap Ulil Amri tentunya harus diketahui siapa / apa yang dinamakan Ulil Amri itu ? 

Dalam penjelasan kata Ulil amri terdapat perbedaan tafsir diantara ahli tafsir, dalam tafsir Al Baghowi Juz II halaman 59 memberikan penjelasan bahwa : 

baca : https://islamindonesia01.blogspot.com/2019/02/pengertian-negara-islam.html
  • Ibnu Abas dan Jabir r.a menafsirkan  Ulil Amri adalah para ahli fiqih ( fuqoha' ) dan ulama' yang mengajarkan ilmu agama kepada masyarakat . hal itu didasarkan pada ayat 
ولو رَدُّوُه إلى الرسول وإلى أولي الأمر منهم لَعَلِمَهُ الذين يَسْتَنْبِطٌونَهُ منهم"( النساء -83 )
  • Abu Hurairoh menafsirkan Ulil Amri adalah pemerintah dan pimpinan daerah .


تفسير البغوي (2/ 239)

اختلفوا في { أُولِي الأمْرِ } قال ابن عباس وجابر رضي الله عنهم: هم الفقهاء والعلماء الذين يعلِّمون الناس معالِمَ دينهم، وهو قول الحسن والضحاك ومجاهد، ودليله قوله تعالى: "ولو رَدُّوُه إلى الرسول وإلى أولي الأمر منهم لَعَلِمَهُ الذين يَسْتَنْبِطٌونَهُ منهم"( النساء -83 ) . وقال أبو هريرة: هم الأمراء والولاة.

lebih jauh dijelaskan dalam kitab Al Adab An nabawiy halaman 96 cetakan darul fikri bahwa Ulil Amri adalah orang orang yang pada dirinya di beri tanggung jawab akan persoalan persoalan masyarakat secara umum  maka dari definisi tersebut termasuk Ulil amri adalah setiap orang yang mengurusi urusan masyarakat seperti raja ( kepala negara dan semisalnya ) wakil , pimpinan , pengurus , qodhi , hakim , tentara dst . hukumnya wajib ditaat dalam perkara yang tidak ma'siat baik suka ataupun benci .

الأدب النبوي (ص: 83)
أولو الأمر:
هم الذين وكل إليهم القيام بالشؤون العامة. و المصالح المهمة. فيدخل فيهم كل من ولي أمرا من أمور المسلمين: من ملك و وزير. ورئيس و مدير
و مأمور و عمدة. و قاض و نائب و ضابط و جندي و قد أوجب الرسول صلى اللّه عليه و سلم على كل مسلم السمع لأوامر هؤلاء المبادرة إلى تنفيذها. سواآ كانت محبوبة له. أم بغيضة إليه

wallahu a'lam bis showab .........
Share this video :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2013. Islam Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger