Home » , » ADAB / ETIKA SUAMI KEPADA ISTRI

ADAB / ETIKA SUAMI KEPADA ISTRI

ADAB / ETIKA SUAMI KEPADA ISTRI



Suami dalam rumah tangga adalah imam sekaligus penopang ekonomi keluarga ( القوام ) , dengan posisi tersebut kebijakan serta arahan suami menjadi salah satu instrumen penting dalam membina rumah tangga menuju sakinah , mawaddah , wa rahmah .

Untuk mencapai cita cita keluarga sakinah mawaddah wa rahmah perlu dikedepankan etika dan adab antar kedua belah pihak,  dalam menyikapi hal ini Imam Al Ghazali dalam kitabnya Adabu ad Din halaman 442 sedikit menyinggung adab / etika suami :

آداب الرجل مع زوجته: حسن العشرة، ولطافة الكلمة، وإظهار المودة، والبسط في الخلوة، والتغافل عن الزلة وإقالة العثرة، وصيانة عرضها، وقلة مجادلتها، وبذل المؤونة بلا بخل لها، وإكرام أهلها، ودوام الوعد الجميل، وشدة الغيرة عليها

" adab suami kepada istri : baik dalam menggauli , lembut tutur katanya , menampakkan kasih sayang,  memberi kesempatan untuk menyendiri,  melupakan kesalahanya , menjaga kehormatan istri , sedikit bertengkar,  memberikan nafkah,  memulyakan keluarga istri,  menjaga janji suci , memiliki rasa cemburu " 

  1. Baik dalam menggauli istri : untuk mendapatkan keluarga yang harmonis hubungan baik harus di hadirkan dalam rumah tangga. 
  2. Lembut dalam bertutur kata : perkataan yang baik dan lembut dalam tutur kata menjadi penyambung terjadinya komunikasi yang baik .
  3. Memberi kesempatan istri untuk menjalankan kegiatan yang positif 
  4. Melupakan kesalahan istri : dalam berumah tangga kesalahan dari kedua belah pihak pasti ada , dengan tidak mengungkit ungkit kesalahan yang sudah lalu .
  5. Menjaga kehormatan istri : suami yang baik akan menjaga harkat dan martabat istri apapaun keadaan istri .
  6. Tidak banyak bertengkar dengan istri . Keharmonisan sebuah keluarga diukur dari pertengkaran , semakin sedikit gesekan yang terjadi menjadi tanda harmonisnya keluarga .
  7. Memberi nafkah : suami tidak boleh pelit dalam hal pemberian nafkah kepada istri .
  8. Memulyakan keluarga istri : keluarga istri adalah bagian dari keluarga suami,  maka suami juga harus memulyakan kuluarga istri .
  9. Menjaga janji suci yang di ucap pada saat akad nikah .
  10. Memiliki rasa cemburu : cemburu adalah tanda cinta .

Share this video :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2013. Islam Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger