Home » , , , » LIMA BELAS ADAB ISTRI KEPADA SUAMI

LIMA BELAS ADAB ISTRI KEPADA SUAMI

LIMA BELAS 
ADAB ISTRI KEPADA SUAMI 




Pernikahan merupakan penyatuan dua kepribadian yang berbeda menjadi satu untuk mencapai kebahagian , ketenangan dan ketentraman dalam menjalani kehidupan . 

Untuk mencapai tujuan dari pernikahan yaitu ketenangan ( السكون ) kasih sayang ( المودة ) dan ketentraman ( الرحمة ) diperlukan adanya sikap saling mengerti antara kedua belah pihak,  terlebih sikap seorang istri kepada suami dimana kedudukan suami dalam rumah tangga adalah imam sekaligus penopang kehidup


آداب المرأة مع زوجها: دوام الحياء منه، وقلة المماراة له، ولزوم الطاعة لأمره، والسكون عند كلامه، والحفظ له في غيبته، وترك الخيانة في ماله، وطيب الرائحة، وتعهد الفم ونظافة الثوب، وإظهار القناعة، واستعمال الشفقة، ودوام الزينة، وإكرام أهله وقرابته، ورؤية حاله بالفضل، وقبول فعله بالشكر، وإظهار الحب له عند القرب منه، 

" adab istri kepada suami : memiliki rasa malu terhadap suami , tidak banyak membantah suami,  taat terhadap perintah suami , mendengarkan perkataanya , menjaga kehormatan suami disaat dia tidak di rumah , meninggalkan khiyanah terhadap hartanya , berbau harum,  membersihkan mulut dan pakaian , memperlihatkan qonaah , belas kasih , selalu berhias , menghormati keluarga dan kerabat suami , melihat keadaan suami dengan penuh kehormatan , menerima tindakan suami dengan rasa syukur , memperlihatkan rasa cinta kepada suami . "

  1. Memiliki rasa malu terhadap suami , seorang istri seyogyanya merasa malu kepada pasanganya dalam segala hal karena rasa malu bisa menjadi dasar seorang istri menghormati derajat suami. 
  2. Tidak banyak membantah : sikap nurut dan tidak banyak membantah akan menambah keharmonisan keluarga masing masing mengetahui posisinya. 
  3. Taat perintah suami : taat dalam hal yang tidak melanggar syari'at merupakan satu hal wajib yang harus dilakukan seorang istri terhadap suami .
  4. Mendengarkan perkataan suami : sama halnya taat perintah , mendengarkan perkataan dan masukan suami sama halnya memposisikan suami sebagai imam dan kepala keluarga .
  5. Menjaga kehormatan suami : istri yang baik akan selalu menjaga rahasia dan kehormatan suaminya baik ada ataupun tidak ada. 
  6. Menjaga harta suami : seorang istri harus menjaga harta suami dengan tidak menghamburkan hartanya dan membelanjakanya dengan baik sesuai kebutuhan .
  7. Berbau harum : menjaga diri dan badan untuk suami akan menambah kecintaan dan kasih sayang .
  8. Bersih mulut dan pakaian : bersih badan dan berpakaian yang baik didepan suami akan miningkatkan kasih .
  9. Qona'ah ( menerima keadaan ) : seorang istri yang baik harus menerima setiap keadaan suami .
  10. Memiliki belas kasih kepada suami dengan tidak terlalu banyak menuntut diatas kemampuan .
  11. Selalu berhias dihadapan suami sebagai bentuk kasih sayang dan penyemangat suami .
  12. Menghormati keluarga dan kerabat suami : salah satu bentuk penghormatan kepada suami adalah menghormati keluarga dan kerabat suami .
  13. Melihat keadaan suami dengan penuh kehormatan : apapun keadaan dan profesi suami seorang istri harus memandang suami seseorang terhormat dan panutan dalam keluarga .
  14. Menerima keputusan suami dengan rasa sukur dan menerima dengan lego lilo. 
  15. Memperlihatkan rasa cinta dan kasih terhadap suami saat sedang bersama. 

Baca juga :

Share this video :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2013. Islam Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger