Home » , » BACAAN KETIKA MIMPI BAIK ATAU BURUK

BACAAN KETIKA MIMPI BAIK ATAU BURUK


BACAAN KETIKA MIMPI BAIK ATAU BURUK


Mimpi adalah aktivitas bawah sadar yang melibatkan penglihatan , pendengaran , pikiran , perasaan dan indra lainya dalam keadaan tidur . dalam pandangan islam mimpi merupakan keluarnya ruh jasmaniyah dari tubuh manusia ketika tidur bersamaan dengan akal seraya melakukan perjalanan baik dilangit maupun di bumi .

Ad Durrotun Nashihin

 اذا نام العبد خرج روحه الجسمانى مع العقل ومشى بين السماء والارض فإن كان العقل معه رأى ما رأى فى المنام وإن لم يكن العقل معه رأى ما رأى ولكن لم يفهم

“ Ketika seseorang tertidur maka Ruh Jasmaniyahnya keluar dari tubuh bersamaan dengan akal lalu berjalan diantara langit dan bumi , apabila perjalananya disertai dengan akal maka dia akan melihat dan faham dengan apa yang dilihat dalam mimpi, apabila tidak disertai akal maka dia akan melihat apa yang mimpikan akan tetapi tidak memahaminya . “


Dalam perjalanan mimpi seseorang akan melihat dalam mimpinya dua kemungkinan yaitu mimpi baik artinya mimpi yang membuat dia senang ketika terbangun dari tidur , tapi juga memungkinkan mengalami mimpi buruk  yaitu mimpi yang membuat seseorang yang mengalami mimpi menjadi khawatir tentang kejadian mimpi yang dialami dialam nyata .

Dalam permasalahan mimpi Nabi Muhammad SAW memberikan contoh bacaan apa yang harus dibaca ketika mengalami mimpi baik atau buruk . diriwayatkan oleh Abu Said Al Khudry

إذَا رَأى أحَدُكُمْ رُؤْيا يُحِبُّها، فإنَّمَا هِيَ مِنَ اللَّهِ تَعالى، فَلْيَحْمَدِ اللَّه تَعالى عَلَيْها وَلْيُحَدّثْ بِها " وفي رواية " فَلا يُحَدِّثْ بِها إِلاَّ مَنْ يُحِبُّ، وَإذَا رأى غَيْرَ ذلكَ مِمَّا يَكْرَهُ فإنَّمَا هِيَ مِنَ الشَّيْطانِ فَلْيَسْتَعِذْ مِنْ شَرِّها وَلا يَذْكُرْها لأحَدٍ فإنها لا تَضُّرُّهُ "  

“ apabila salah satu diantara kalian bermimpi yang menyenangkan ( Baik ) maka itu dari Allah SWT maka bertahmidlah ( memuji Allah ) atas mimpi tersebut dan ceritakanlah . dalam satu riwayat , jangan engkau ceritakan kecuali kepada orang yang senang . apabila bermimpi buruk maka itu dari Setan maka mintalah perlindungan dari kejelekan mimpitersebut dan jangan engkau ceritakan kepada orang lain karena mimpi tersebut tidak bisa membuat bahaya “ ( HR , Bukhori , Muslim )

Dari penjelasan hadist diatas berdasarkan ajaran dari Rosulullah SAW maka jika seseorang mengalami mimpi yang indah dan menyenangkan maka sebaiknya membaca HAMDALAH ( ALHAMDULILLAHI ROBBIL ALAMIN ) sebaliknya jika mengalami mimpi buruk maka sebaiknya meminta perlindungan dari Allah SWT ( NA’UDZU BILLAHI MIN DZALIK ) .


Share this video :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2013. Islam Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger