Home » , , » SURAT AL FALAQ AN NAAS SEBAGAI PENANGKAL SIHIR

SURAT AL FALAQ AN NAAS SEBAGAI PENANGKAL SIHIR

SURAT AL FALAQ AN NAAS SEBAGAI PENANGKAL SIHIR


Sihir merupakan salah satu ilmu yang digunakan untuk tujuan yang tidak baik , karena memiliki efek yang kurang baik bagi kehidupan manusia seperti menjadikan orang menjadi sakit , perpisahan antara suami dan istri dll , meskipun sebenarnya semua kembali pada qodrah dan irodahnya Allah . namun demikian sihir tetap ada di dunia ini karena untuk cobaan manusia sebagai hamba yang beriman .

Awal Munculnya Ilmu Sihir dan Tujuannya

Pada kenyataanya sihir santet dan sejenisnya memang sudah ada jauh sebelum Nabi Muhammad diutus menjadi rosul , karena memang ilmu tersebut sengaja disebarkan sebagai cobaan bagi orang yang beriman lewat kedua malaikat Allah , Harut dan Marut . dalam Alqur’an surat Al Baqoroh ayat 101- 103 Allah menjelaskan :

وَلَمَّا جَاءَهُمْ رَسُولٌ مِنْ عِنْدِ اللَّهِ مُصَدِّقٌ لِمَا مَعَهُمْ نَبَذَ فَرِيقٌ مِنَ الَّذِينَ أُوتُوا الْكِتَابَ كِتَابَ اللَّهِ وَرَاءَ ظُهُورِهِمْ كَأَنَّهُمْ لَا يَعْلَمُونَ () وَاتَّبَعُوا مَا تَتْلُو الشَّيَاطِينُ عَلَى مُلْكِ سُلَيْمَانَ وَمَا كَفَرَ سُلَيْمَانُ وَلَكِنَّ الشَّيَاطِينَ كَفَرُوا يُعَلِّمُونَ النَّاسَ السِّحْرَ وَمَا أُنْزِلَ عَلَى الْمَلَكَيْنِ بِبَابِلَ هَارُوتَ وَمَارُوتَ وَمَا يُعَلِّمَانِ مِنْ أَحَدٍ حَتَّى يَقُولَا إِنَّمَا نَحْنُ فِتْنَةٌ فَلَا تَكْفُرْ فَيَتَعَلَّمُونَ مِنْهُمَا مَا يُفَرِّقُونَ بِهِ بَيْنَ الْمَرْءِ وَزَوْجِهِ وَمَا هُمْ بِضَارِّينَ بِهِ مِنْ أَحَدٍ إِلَّا بِإِذْنِ اللَّهِ وَيَتَعَلَّمُونَ مَا يَضُرُّهُمْ وَلَا يَنْفَعُهُمْ وَلَقَدْ عَلِمُوا لَمَنِ اشْتَرَاهُ مَا لَهُ فِي الْآخِرَةِ مِنْ خَلَاقٍ وَلَبِئْسَ مَا شَرَوْا بِهِ أَنْفُسَهُمْ لَوْ كَانُوا يَعْلَمُونَ () وَلَوْ أَنَّهُمْ آمَنُوا وَاتَّقَوْا لَمَثُوبَةٌ مِنْ عِنْدِ اللَّهِ خَيْرٌ لَوْ كَانُوا يَعْلَمُونَ (} [البقرة: ,101102، 103]

Dari ayat tersebut sudah jelas bahwa ilmu sihir memang sudah ada sejak dulu dan bertujuan sebagai cobaan bagi hamba Allah agar bisa menjaga diri terjerumus kedalamkekufuran .

Surat Al Falaq dan An Naas sebagai Penangkal Sihir

Pada zaman Rosulullah juga terjadi , yaitu ketika Labid al Yahudi mensihir Nabi dengan mengikat sebanyak 11 ikatan pada saat itu Nabi merasa kesakitan dan Allah memberitahu kepada Nabi tentang kejadian tersebut kemudian memerintahkan untuk mengangkat telapak tangan dan membaca ta’awudz serta surat al Falaq dan an Naas ,  dan ketika membaca kedua ayat tersebut semua ikatan terlepas dan Nabi merasa ringan . 

 نزلت هذه السورة والتي بعدها لما سحر لبيد اليهودي النبي صلى الله عليه وسلم في وتر به إحدى عشرة عقدة فأعلمه الله بذلك وبمحله فأحضر بين يديه صلى الله عليه وسلم وأمر بالتعوذ بالسورتين، فكان كلما قرأ آية منها انحلت عقدة ووجد خفة، حتى انحلت العقد كلها، وقام كأنما نشط من عقال.

Ayat ini ( al Falaq ) dan satu ayat setelahnya turun karena Labid al Yahudi mensihir Nabi SAW dengan tali sebanyak 11 ikatan , kemudian Allah memberi tahu Nabi akan kejadian tersebut dan tempatnya , kemudian memerintahkan mengankat telapak tangan dan membacakan ta’awudz dengan dua surat ( al Falaq , An Nas ) dan ketika di baca dua ayat tersebut satu ikatan terlepas dan Nabi meresa ringan sampai semua ikatan terlepas dan Nabi berdiri seperti sesorang yang terlepas dari ikatan .

Tafsir Jalalain Juz : 2 Hal : 512

Cara Menggunakan Surat Al Falaq An Naas sebagai Penangkal Sihir 

Dalam prakteknya ada berbagai macam cara yang digunakan berdasarkan berbagai riwayat , diantaranya :

1.    Membaca tiga kali setiap satu kali bacaan ditiupkan ke telapak tangan lalu diusapkan keseluruh    badan setiap akan tidur.
2.    Cukup dibaca tiap selesai sholat fardhu
3.    Ketika dalam keadaan sakit , dibacakan orang lain dan diusapkan keseluruh tubuh yang       sakit

Demikian sedikit keterangan tentang Faedah surat Al Falaq An Naas sebagai penangkal sihir . semoga bermanfaat bagi kita semua amin .

Wallahu a’lam bis showab 
Share this video :

1 comment:

  1. Sudah lama saya ingin menulis artikel tentang bacaan surat al falaq namun tak pernah ada kesempatan, mungkin di lain hari saya akan coba bikin artikel mengenai bacaan surat al falaq

    ReplyDelete

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2013. Islam Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger