Home » » HUKUM MEMBERSIHKAN KUBURAN DARI RUMPUT LIAR

HUKUM MEMBERSIHKAN KUBURAN DARI RUMPUT LIAR

 HUKUM MEMBERSIHKAN KUBURAN DARI RUMPUT LIAR



Soal :

Bagaimana hukumnya membersihkan pemakaman dari rumput liar seperti yang sering dilakukan pada umumnya ? ( Ranting NU  Ngastorejo )

      Jawab :
Apabila yang dibersihkan adalah rumput yang masih hidup /basah maka hukumnya khilaf :
·         Menurut Madzhab Syafi’i  tidak boleh dibersihkan .
·         Menurut Madzhab Hanafi boleh dibersihkan tetapi makruh .
Apabila yang dibersihkan adalah rumput yang sudah kering maka hukumnya boleh

Ibarat :
1.      Balaghotut Thullab
2.      Fathul Mu’in Juz : 2 Hal : 45

( مسئلة ث ) لا تجوز إزالة الحشيش الرطب من المقبرة لأنه مثل جريد المنصوص في الحديث بكونه يستغفر للميت مادم لارطبا. قلت وهذا عند الشافعية، وعند الحنفية جواز ذلك مع الكراهة كما نقله إبن عابدين في حاشية رد المختارعن البحر والدرار { بلاغة الطلاب }

Masalah tsa’ : tidak boleh membersihkan rumput yang masih basah diatas kuburan karena disamakan dengan pelepah kurma yang dijelaskan dalam hadits karena bisa memintakan pengampunan kepada mayit selagi masih basah . saya berkata : hal tersebut sesuai pendapat madzhab Syafi’i sedangkan menurut madzhab Hanafi boleh dibersihkan akan tetapi makruh seperti yang di nukil dari Ibnu Abidin dalam Hasyiyah Roddul Mukhtar an  Al Bahr wa Ad Darar .  ( Balaghotut Thulab )

( مهمة ) يسن وضع جريدة حضراء على القبر للإتباع ولأنه يخفف ببركة تسبيحها إلى أن قال: ويحرم أخذ شيئ منهما مالم يبيسالما في أخذ الأولى من تفويت الميت الماءثور عنه صلى الله عليه وسلم وفي الثانية  من تفويت حق الميت  { فتح المعين      2  ص:135  }

( penting ) disunahkan meletakan pelepah kurma yang masih hijau diatas kuburan karena mengikuti sunah rosul dan karenanya bisa meringankan mayit karena berkah bacaan tasbihnya .... dan diharamkan mengambil sesuatu dari keduanya selagi belum kering karena , pertama : menghilangkan hak mayit yang dilakukan oleh Nabi. Kedua : memutus hak mayit .
Fathul Mu’in Juz : 2 Hal : 135


Share this video :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2013. Islam Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger