Home » » HUKUM ORANG MENINGGALKAN SHOLAT KARENA MALAS

HUKUM ORANG MENINGGALKAN SHOLAT KARENA MALAS

            HUKUM ORANG MENINGGALKAN SHOLAT KARENA MALAS 
            


             Diskripsi Masalah :
            
Orang Islam yang tidak pernah menjalankan sholat dengan sengaja akan tetapi dia tau bahwa sholat adalah kewajiban

Pertanyaan :

Apakah orang tersebut tetrmasuk katagori ma’siat ( ASHI ) atau termasuk orang yang ingkar ( JAHID ) ?  
( Kijingan )

             Jawab :

·         Apabila dalam meninggalkan sholat dikarenakan malas tidak karena ingkar dan menghina akan wajibnya sholat maka termasuk ma’siat ( ASHI )
·         Apabila dalam meninggalkan sholat karena ingkar wajibnya sholat atau merendahkan kewajiban sholat ( tidak mengakui wajibnya sholat ) maka termasuk Jahid ( ingkar ) maka bisa dihukumi kufur .

Ta’bir :

1.       Iqna’ Juz : 2 Hal : 249 – 250
2.       Bugyatul Mustarsyidin Hal : 92

        والمكلف ( تارك الصلاة ) المعهودة شرعا الصادقة باحدى الخمس ( على ضربين ) احدهما أن يتركها غير معتقد لوجوبها عليه جحد بأن انكره بعد علمه به او عنادا. كما في القوت عن الدارمي. ( فحكمه ) في وجوب استتابته وقتله ( حكم المرتد ) ...... (و) الضرب( الثاني ان يتركها) كسلا أو تهاونا( معتقدا لوجوبها) عليه ( فيستتاب ) قبل قتل ............. ( فإن تاب ) بان امتتثل الأمر (وصل) خلى سبيله من غير قتل.........(والا) أى وان لم يتب (قتل) بالسيف ان لم يبد عذرا (حدا) لا كفرا . { إقناع جز:2 ص:249-250}

Seorang mukallaf yang meninggalkan sholat yang diwajibkan ( lima waktu )menurut syara’ dibagi menjadi dua : pertama : meninggalkan sholat karena beranggapan tidak wajib , yaitu mengingkari wajibnya sholat setelah dia mengetahui wajibnya sholat karena ingkar . seierti dalam kitab Al Quut dari Ad Daramiy , maka hukumnya dalam hal wajibnya menyuruh taubat dan membunuhnya seperti hukumnya orang  murtad . kedua : meninggalkan sholat karena malas atau merendahkan ( nyepele ) tetapi yakin bahwa sholat adalah wajib baginya maka diminta untuk bertaubat sebelum diadili ( dibunuh ) ... apabila mau bertaubat dengan bukti menjalankan perintah ( sholat ) maka harus dilepaskan dan tidak boleh dibunuh , ... apabila tidak mau menjalankan perintah ( sholat ) maka tetap di bunuh karena had ( hukuman ) bukan karena kufur .

Iqna’ Juz : 2 Hal : 249 -250

يجب تجهيز كل مسلم محكوم بإسلامه وإن فحشت ذنوبه وكان تاركا للصلاة وغيرها من غير جحود ويأثم كل من علم به أو قصر في ذلك. { بغية المسترشدين ص:92 }

Wajib merawat mayit yang dihukumi islam meskipun banyak dosanya dan orang yang tidak menjalankan sholat dst bukan karena ingkar wajib . dan berdosa orang yang mengetahui hal tersebut dan tidak mau merawat mayat tersebut .

Bugyatul Mustarsyidin Hal : 92 
Share this video :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2013. Islam Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger