MENGUSAP KEPALA ANAK YATIM DI BULAN
MUHARRAM
MENGUSAP KEPALA ANAK YATIM DI BULAN MUHARRAM
Dalam beberapa keterangan yang ada dalam
kitab salaf terdapat beberapa amalan
yang dilakukan pada bulan Muharram ,
bahkan dalam kitab i’anatut tholibin dijelaskan ada 12 amalan :
حاشية
إعانة الطالبين - (ج 2 / ص 301)
وقد عدها
بعضهم اثنتي عشرة خصلة، وهي: الصلاة، والصوم، وصلة الرحم، والصدقة والاغتسال،
والاكتحال، وزيارة عالم، وعيادة مريض، ومسح رأس اليتيم، والتوسعة على العيال، وتقليم
الاظفار، وقراءة سورة الاخلاص - ألف مرة -. ونظمها بعضهم فقال:
في يوم عاشوراء عشر تتصل * * بها اثنتان ولها فضل نقل صم، صل، صل، زر عالما، عد، واكتحل * * رأس اليتيم امسح، تصدق واغتسل وسع على العيال، قلم ظفرا * * وسورة الاخلاص قل ألفا تصل
في يوم عاشوراء عشر تتصل * * بها اثنتان ولها فضل نقل صم، صل، صل، زر عالما، عد، واكتحل * * رأس اليتيم امسح، تصدق واغتسل وسع على العيال، قلم ظفرا * * وسورة الاخلاص قل ألفا تصل
Sebagian Ulama menghitung amalan yang
dilakukan di buan Muharran ada 12 amalan , yaitu : sholat , puasa , silaturrahim
, shodaqoh , mandi , memakai celak , berkunjung ke tempat orang alim ,
menjenguk orang sakit , mengusap kepala anak yatim , mayoran , memotong kuku ,
membaca surat ikhlas 1000 x .
Pada
tulisan ini kita focus pada bab mengusap kepala anak yatim , sebagaimana keistimewaan
anak yatim sampai sampai Nabi memberikan kompensasi kepada orang orang yang mau
merewatnya kelak akan bersama Nabi disurga seperti jari telunjuk dan jari
tengah yang artinya dekat dengan syafaat Nabi . begitu juga terdapat keutaman
yang khusus ketika pengusapan kepala anak yatim tersebut dilakukan di bulan
muharram .
عن ابن
عباس رضي الله عنهما قال قال رسول الله صلي الله عليه وسلم من صام يوم عاشوراء من
المحرم اعطاه الله تعالي ثواب عشرة الاف مللك ومن صام يوم عاشوراء من المحرم اعطي
ثواب عشر شهيد ومن مسح يده علي راس يتيم يوم عاشوراء رفع الله تعالي له بكل شعرة
درجة
Diriwayatkan dari Ibn Abbas ra. Ia
berkata : Rosulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda :
“Barang
siapa puasa pada hari ‘asyura( tanggal10) muharram,
Allah memberikan 10.000 pahala malaikat. Barang siapa puasa pada hari ‘asyura(
tanggal10) muharram, Allah memberikan pahala 10.000 para syuhada’ . Dan barang siapa
mengusap kepala anak yatim pad tgl 10 muharram, Allah mengangkat derajatnyadengan setiap rambut yg diusap”
Manaahiij al-Imdaad I/521
Dari penjelasan Hadits diatas ada
imbalan yang cukup menggiurkan bagi orang yang mau sedikit berbagi kasih sayang
terhadap yatim pada bulam muharram .
وورد في
فضل مسح رأس اليتيم حديث أخرجه احمد والطبراني عن أبي امامة بلفظ من مسح رأس يتيم
لا يمسحه الا لله كان له بكل شعرة تمر يده عليها حسنة وسنده ضعيف ولأحمد من حديث
أبي هريرة ان رجلا شكى إلى النبي صلى الله عليه و سلم قسوة قلبه فقال اطعم المسكين
وامسح رأس اليتيم وسنده حسن
Dan
telah datang penjelasan hadits-hadits mengenai keutamaan mengusap kepala anak
yatim yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad dan At-Thabraany dari riwayat Abu
Umamah dengan pernyataan“Barangsiapa mengusap kepala anak yatim yang
semata-mata karena Allah disetiap rambut yang ia usap, Allah berikan kebaikan”
(sanadnya dho’if)
Juga
hadits dari riwayat Abu Hurairah “Sesungguhnya seorang lelaki mengadu pada Nabi
shallallaahu alaihi wasallam tentang kerasnya hatinya, Nabi bersabda ‘Berikan
makanan orang miskin dan usaplah kepala anak yatim” (HR. Ahmad, sanadnya Hasan)
Fath al-Baari XI/151
PENGERTIAN MENGUSAP KEPALA ANAK
YATIM
Menurut Ibn Hajar al-Haytamy maksud
mashu ro’si yatiim (mengusap kepala anak yatim) diatas adalah makna hakiki
(arti sebenarnya)
والمراد من
المسح في الحديث الثاني حقيقته كما بينه آخر الحديث وهو ( من مسح رأس يتيم لم
يمسحه إلا لله كان له بكل شعرة تمر عليها يده عشر حسنات ومن أحسن إلى يتيمة أو
يتيم عنده كنت أنا وهو في الجنة كهاتين وقرن بين أصبعيه ) . وخص الرأس بذلك لأن في المسح عليه تعظيماً
لصاحبه وشفقة عليه ومحبة له وجبراً لخاطره ، وهذه كلها مع اليتيم تقتضي هذا الثوب
الجزيل ، وأما جعل ذلك كناية عن الإحسان فهو غير محتاج إليه لأن ثواب الإحسان الذي
هو أعلى وأجلّ قد ذكر بعده وأين القرب منه ( صلى الله عليه وسلم ) في الجنة حتى
يكونا كالأصبعين من إعطاء حسنات بعدد شعر الرأس ، فشتان ما بينهما إذ الأول أكمل
وأعظم وعلى التنزل وأنه أريد بذلك الكناية المذكورة فيكون قوله ( كان له ) إلخ
كناية عن عظيم الجزاء ، وأنه لعظمته لو وجد في الخارج لكان أكثر من عدد شعر الرأس
بكثير ، فيكون التجوّز والكناية في الطرفين طرف الفعل وطرف الجزاء عليه والكناية وإن
كانت أبلغ من الحقيقة إلا أن محل الحمل عليها حيث لم يمنع منها مانع ، وقد علمت أن
آخر الحديث يعين الحمل على الحقيقة لإفادته أن ما بعده يكون تأسيساً ، وهو خير من
التأكيد اللازم للحمل على الكناية فافهم ذلك وتأمله . ثم رأيت أحاديث صريحة بأن
المراد بالمسح حقيقته .
Yang
dimaksud dengan mengusap dalam hadits kedua diatas adalah arti sebenarnya seperti
dijelaskanpada hadits lain “Barangsiapa mengusap kepala anak yatim yang
semata-mata karena Allah disetiap rambut yang ia usap, Allah berikan sepuluh
kebaikan, dan barangsiapa memperbaiki anak yatim perempuan atau laki-laki yang
ada didekatnya niscaya aku dan dia disurga bersanding seperti
ini (Dan Nabi menggandengkan antara jemarinya)” Kepala menjadi hal yang
istimewa untuk disebutkan dalam hadits-hadits diatas karena mengusap kepala
mengandung pengertian adanya kasih saying,
rasa cinta dan mengayomi akan kebutuhan yang diusap, dan kesemuanya bila
dilakukan pada anak yatim berhak mendapatkan pahala yang agung. Sedang
mengartikan ‘mengusap’ dalam hadits diatas dengan arti kinayah
(sindiran-bukan sebenarnya) dalam pengertian ‘berbuat baik’
tidaklah dibutuhkan…. Dst
Al-Fataawaa al-Haditsiyyah Li Ibni Hajar
I/43
Namun
menurut imam at toyyi dalam kitab Marqaah al-Mafaatiih Imam al-Malaa Ali
al-Qaariy al-Hanafy yang dimaksud kata ‘mengusap’ pada hadits diatas
adalah arti kinayah dari memberikan kasih sayang serta
berbuat penuh kelembutan dan cinta kasih pada mereka .
وعن أبي
أمامة أي الباهلي قال قال رسول الله من مسح رأس يتيم وكذا حكم اليتيمة بل هي
الأولى بالحنية لضعفها ثم التنكير يفيد العموم فيشمل القريب والأجنبي يكون عنده أو
عند غيره لم يمسحه حال من فاعل مسح أي والحال أنه لم يمسح رأس اليتيم إلا لله أي
لا لغرض سواه كان له أي للماسح بكل شعرة بسكون العين ويفتح أي بكل واحدة من شعر
رأسه يمر بالتذكير ويؤنث من المرور أي يأتي عليها وكذا حكم محاذيها يده وفي نسخة
من الإمرار ففاعله ضمير الماسح ويده مفعوله حسنات بالرفع على اسم كان والظاهر أن
الحسنات مختلفة كمية وكيفية باعتبار تحسين النيات قال الطيبي مسح رأس اليتيم كناية
عن الشفقة والتلطف إليه ولما لم تكن الكناية منافية لإرادة الحقيقة لإمكان الجمع
بينهما كما تقول فلان طويل النجاد وتريد طول قامته مع طول علاقة سيفه رتب عليه
قوله بكل شعرة يمر عليه يده ومن أحسن إلى يتيمة أو يتيم قيل أو للتنويع وقدم
اليتيمة لأنها أحوج والظاهر أنه شك من أحد الرواة وقع في غير محله لأن حكم اليتيم
قد علم مما سبق ففي هذه الفقرة جير اليتيمة باللطف اللهم إلا أن يخص الإحسان
بالأنعام والإنفاق ونحوهما مما يغاير معنى مطلق الإحسان الشامل للمسح
Marqaah al-Mafaatiih Syarh Misykaah
al-Mashaabiih XIV/263
Demikian sedikit penjelasan tentang
mengusap kepala anak yatim di bulan muharram semoga membawa berkah bagi kita
semua amin
Wallaahu A’lamu Bis Showaab
0 comments:
Post a Comment