Amalan Yang Pahalanya Sampai Kepada Mayit
Pertanyaan :
Kalimah thoyyibah
/ amalan apa saja yang pahalanya bisa sampai kepada`arwah ahli waris yang sudah
meninggal , aqpakah sholat , wirid , jama’ah dll bisa dihadiahkan kepada mayit
, karena kebiasaanya yang dihadiahkan hanya tahlil saja , apakah ada amalan
yang lain yang lebih baik ?
(Ranting NU Bungasrejo)
Jawab :
Semua amal ibadah orang yang masih hidup baik ibadah
badaniyah maupun maliyah bisa sampai dan bermanfaat kepada mayit apabila
diniatkan / di hadiahkan kepada mayit .
Ibarat :
Fathul
Wahab Juz : II Hal : 31 Maktabah Syamilah
Fatawi Ibnu Taimiyyah Juz
24 Hal : 178
( وينفعه ) أي الميت
من وارث وغيره ( صدقة ودعاء ) بالإجماع وغيره
وأما قوله تعالى { وأن ليس للإنسان إلا ما سعى } فعام مخصوص بذلك وقيل منسوخ وكما ينتفع الميت بذلك ينتفع به المتصدق
والداعي أما القراءة فقال النووي في شرح مسلم
المشهور من مذهب الشافعي أنه لا يصل ثوابها إلى الميت وقال بعض أصحابنا يصل وذهب جماعات من العلماء إلى
أنه يصل إليه ثواب جميع العبادات من صلاة وصوم وقراءة وغيرها وما قاله من مشهور المذهب
محمول على ما إذا قرأ لا بحضرة الميت ولم ينو ثواب قراءته له أو نواه ولم يدع بل قال السبكي الذي دل عليه الخبر بالاستنباط
أن بعض القرآن إذا قصد به نفع الميت نفعه وبين ذلك وقد ذكرته في شرح الروض
﴿ فتح الوهاب ج :2 ص : 31﴾
Bisa memberikan kemanfaatan kepada mayit pahala shodaqoh
dan do’a dari ahli waris dan lainya berdasarkan kesepakatan ulama’ dan lainya . adapun firman Allah “ tidak
untuk manusia kecuali apa yang dilakukanya sendiri “ ayat tersebut berma’na umum yang dikhususkan
dan dikatakan ayat tersebut telah dihapuskan hukumnya . dan seperti halnya
mayit mendapatkan kemanfaatan begitu juga orang yang bersedekahdan mendo’akan ,
adapun bacaan al Qur’an Imam Nawawi
berkata dalamkitab Syarah Muslim : pndapat ang masyhur dari madzhab Imam Syafi’i
bahwa pahala bacaan alqur’an tidak sampai kepada mayit . sebagian ulama’ kita berkata : pahalanya
sampai . segolongan ulama berpendapat bahwa pahala semua ibadah baik sholat ,
puasa , bacaan al qur’an dll sampai kepada mayit . apa yang dikatakan Imam
Nawawi dari pendapat yang masyhur berhenti ketika bacaan tersebut tidak didekat
mayit ( kuburan mayit ) dan tidak diniatkan pahalanya untuk simayit atau
diniatkan tetapi tidak dido’akan . bahkan As Subki berkata : perkara yang
menunjukan riwayat dengan mengambil tendensi dari sebagian al qur’an ketika ada
tujuan maka bermanfaat bagi mayit dan saya telah menyebutkanya dalam kitab
syarah Raudhoh .
Fathul Wahab Juz : 2 Hal : 31
يجوز
إهداء ثواب العبادات المالية والبدنية إلى موتى المسلمين. كما هو مذهب أحمد وأبي حنيفة،
وطائفة من أصحاب مالك والشافعي. ﴿ فتاوى ابن تيمية ج : 24 ص : 178 ﴾
Boleh menghadiahkan pahala ibadah baik berupa maliyah maupun badaniyah
kepada mayit muslim seperti madzhab Ahmad
Bin Hambal dan abi Hanifah dan segolongan dari madzhab Maliki dan Syafi’i .
Fatawi Ibnu Taimiyah : 24 : 178
0 comments:
Post a Comment