Home » » LAIN LAIN : HUKUM KB

LAIN LAIN : HUKUM KB



LAIN LAIN : HUKUM KB

Pertanyaan :

Assalamu'alaikum wr.wb,

sahabat KOMPENI yang dirahamati ALLAH, Bagaimanakah hukum islam tentang KB, saya mendapati ada seorang kyai yg berpesan pada santrinya jika nanti menikah istrinya jangan boleh ikut KB.

Jawab :


·         Bila bertujuan untuk mengatur jarak kelahiran, maka makruh, jika tidak dalam keadaan udzur. Jika dalam keadaan udzur, seperti agar pendidikan anak-anaknya menjadi lebih ter-arah, maka hukumnya tidak makruh.
·         Bila tujuannya untuk memutuskan/menghentikan/membatasi kelahiran/keturunan (seperti ungkapan: Dua anak cukup), maka hukumnya haram, terkecuali ada udzur syar’ie, misalnya kata dokter yang ahli lagi adil, ada masalah besar yang membahayakan jiwanya jika mengandung.


Ta’bir


حاشية الشرقاوي على التحرير (ج ٢/ص -٣٣٢
وأما استعمال ما يقطع الحبل من أصله فهو حرام بخلاف مالا يقطعه بل يبطئه مدة فلا يحرم بل إن كان بعذر كتربية الولد لم يكره أيضا

Adapun penggunaan alat yang bisa memutus kehamilan secara permanen adalah haram . berbeda dengan penggunaan alat yang tidak memutus kehamilan melainkan hanya mengatur jarak kehamilan maka tidaklah haram , bahkan ketika penggunaan alat tersebut di karenakan adanya udzur seperti kebutuhan pendidikan anak maka tidaklah di makruhkan juga .

HASYIYAH AS SYARQOWIY ALA TAHRIR JUZ 2 HAL 332

Wallahu A’lam ..........


Share this video :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2013. Islam Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger