Home » » Jarak diperbolehkanya Sholat Goib

Jarak diperbolehkanya Sholat Goib


Jarak diperbolehkanya Sholat Goib

Deskripsi Masalah

Sudah menjadi tradisi setiap ada warga NU (kaum muslimin/muslimat) meninggal dimintakan bantuan sholat ghoib kepada jamaah juma’ah di lain daerah (tetangga desa/kecamatan dan lain sebagainya).

Pertanyaan :
Berapakan jarak diperbolehkan melaksanakan sholat ghoib dalam hukum fikih?
(Muhammad Saefuddin)

Jawaban :

Jarak diperbolehkanya melakukan sholat ghoib adalah Tafshil
Apabila mayit berada di luar balad ( desa/ daerah ):
a.  Menurut Shohibul Imdad tidak ada batasan mengenai jarak minimal diperbolehkannya melaksanakan sholat ghoib selama tidak ada masyaqqoh (kepayahan/udzur)
b.      Menurut Imam Abu Mahromah, sekira tidak mendengar suara adzan
c.       Menurut shohibut tuhfah (Al Imam Ibnu Hajar), harus melebihi haddulghaus (melebihi suara panggilan orang yang meminta pertolongan)

Apabila mayit berada dalam satu balad ( desa / darah ):

a.      Menurut al madzhab tidak diperbolehkan secara mutlak
b.      Boleh apabila ada masyaqqah (kepayahan/udzur)

Ibarat :

1.      Bughatul Muustarsyidin Hal : 95
2.      Nihayatul Muhtajz Juz : 6  Hal : 439
3.      Al Majmu’ Syarhil Al Muhadzab Juz : 5 hal 211
4.      I’anatu Tholibin Juz :2 Hal : 151

وقال أبو مخرمة : وضابط الغيبة أن يكون بمحل لا يسمع منه النداء ، وفي التحفة أن يكون فوق حد الغوث ، قال : ولا يصلى على حاضر في البلد وإن عذر بنحو حبس أو مرض اهـ. لكن في الإمداد والنهاية أنها تصح إن شق عليه الحضور.
{بغية المسترشدين ص:95 المكتبة الهداية}
Artinya :
Abu Makhromah berkata : batasan Ghibah ( tidak ditempat ) adalah ketika berada ditempat yang tidak mendengar panggilan . dalam kitab At Tuhfah : di atas panggilan yang keras . Imam Nawawi berkata : tidak diperbolehkan melakukan sholat ghoib orang yang hadir di tempat tersebut  walaupun dalam keadaan udzur seperti di penjara atau sakit . tetai dalam kitab Al Imdad dan An Nihayah di jelaskan bahwa: bagi orang yang hadir di perbolehkan melaksananakan sholat ghoib ketika ada masyaqot untuk menghadiri sholat janazah

( Bughyatul Mustarsyidin Hal : 95 )

 ( وَيُصَلَّى عَلَى الْغَائِبِ عَنْ الْبَلَدِ ) وَلَوْ فِي مَسَافَةٍ قَرِيبَةٍ دُونَ مَسَافَةِ الْقَصْرِ وَفِي غَيْرِ جِهَةِ الْقِبْلَةِ وَالْمُصَلِّي مُسْتَقْبِلهَا { ؛ لِأَنَّهُ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صَلَّى عَلَى النَّجَاشِيِّ بِالْمَدِينَةِ يَوْمَ مَوْتِهِ بِالْحَبَشَةِ } رَوَاهُ الشَّيْخَانِ ،.....إلى أن قال.... أَمَّا الْحَاضِرُ بِالْبَلَدِ وَإِنْ كَبُرَتْ فَلَا يُصَلَّى عَلَيْهِ لِتَيَسُّرِ الْحُضُورِ ، وَشَبَّهُوهُ بِالْقَضَاءِ عَلَى مَنْ بِالْبَلَدِ مَعَ إمْكَانِ إحْضَارِهِ ، فَلَوْ كَانَ الْمَيِّتُ خَارِجَ السُّوَرِ قَرِيبًا مِنْهُ فَهُوَ كَدَاخِلِهِ ، نَقَلَهُ الزَّرْكَشِيُّ عَنْ صَاحِبِ الْوَافِي وَأَقَرَّهُ : أَيْ ؛ لِأَنَّ الْغَالِبَ أَنَّ الْمَقَابِرَ تُجْعَلُ خَارِجَ السُّوَرِ ، وَعِبَارَتُهُ : مَنْ كَانَ خَارِجَ السُّوَرِ إنْ كَانَ أَهْلُهُ يَسْتَعِيرُ بَعْضُهُمْ مِنْ بَعْضٍ لَمْ تَجُزْ الصَّلَاةُ عَلَى مَنْ هُوَ دَاخِلَ السُّوَرِ لِلْخَارِجِ وَلَا الْعَكْسُ ا هـ . وَلَوْ تَعَذَّرَ عَلَى مَنْ فِي الْبَلَدِ الْحُضُورُ لِحَبْسٍ أَوْ مَرَضٍ لَمْ يَبْعُدْ جَوَازُ ذَلِكَ كَمَا بَحَثَهُ الْأَذْرَعِيُّ ، وَجَزَمَ بِهِ ابْنُ أَبِي الدَّمِ فِي الْمَحْبُوسِ لِأَنَّهُمْ قَدْ عَلَّلُوا الْمَنْعَ بِتَيَسُّرِ الذَّهَابِ إلَيْهِ 
 {نهاية المحتاج الجز:6 ص:439}

 Dan boleh melaksanakan sholat ghoib bagi orang yang ada di tempat tersebut , walaupun dengan jarak yang dekat kurang dari jarak di perbilehkanya qoshor dan tidak menghadap qiblat  karena Nabi meksanakan sholat  untuk orang Najasyiy di madinah pada hari kematianya di Habasyah . H.R Bukhory Muslim ........ adapun orang orang yang ada di dalam desa walaupun desa tersebut luas , tidak di perbolehkan menjalankan sholat ghoib karena mudahnya datang . Ulama’ menyamakanya dengan mendatangi orang yang ada di dalam desa karena adanya waktu untuk datang . apabila mayit ada di luar batas desa yang dekat dengan desa maka sama dengan mayit yang ada di dalam desa . Imam Az Azakarsyi Mengambil pendapat dari Shohibul Al Wafi . karena pada umumnya maqbaroh di buat di luar desa . ibaratnya : orang yang ada di luar desa apabila warganya bisa salaing menolong maka orang yang ada di dalam desa tidak boleh ikut mesholati begitu juga sebaliknya . dan apabila orang yang ada di desa ada udzur untuk datang karena di penjara atau sakit maka tidak jauh dari diperbolehkanya menjalankan sholat ghoib seperti yang telah di bahas oleh Imam Al Adzro’iy . sedangkan Imam Ibnu Abi Dammi memantapkan pendapat yang memperbolehkan menjalankan sholat ghoib bagi orang yang sedang di penjara karena mereka beralasan tidak adanya kemudahan untuk dantang.

( Nihayatul Muhtajz Juz : 6 Hal : 439 )

ومذهبنا جواز الصلاة علي الميت الغائب عن البلد سواء كان في جهة القبلة ام في غيرها ولكن المصلي يستقبل القبلة ولا فرق بين ان تكون المسافةُ بين البلدين قريبةً أو بعيدةً ولا خلاف في هذا كله عندنا (اما) إذا كان الميت في البلد فطريقان (المذهب) وبه قطع المصنف والجمهور لا يجوز ان يصلي عليه حتى يحضرَ عنده لان النبي صلي الله عليه وسلم " لم يصل على حاضر في البَلَد الا بحضرته " ولانه لا مشقة فيه بخلاف الغائبِ عن البلد " (والطريق الثاني) حكاه الخُراسَانيون أو أكثر هم فيه وجهان (أصحُهما) هذا (والثانى) يجوز كالغائب
{المجموع الجز:5 ص:211}

Menurut Madzhab kami ( Syafi’iyyah ) boleh melaksanakan sholat ghoib untuk mayit dari satu daerah baik menghadap  qiblat atau tidak tetapi orang yang solat tetap menghadap qiblat dan tidak ada perbedaan anatara jarak kedua desa  dekat atau jauh .  adapun ketika mayit dari dalam desa maka ada dua jalan . madzhab yang di pilih dan di kuatkan oleh mushonif dan mayoritas ulama’  : tidak boleh menjalankan sholat ghoib sampai dia menghadirinya karena Nabi tidak melaksanakan sholat mayit untuk mayit yang ada di dalam desa kecuali berada di dekatnya . dan karena tidak adanya masyaqot untuk menghadirinya berbeda dengan mayit yang ada dari daerah lain .
Yang kedua : pendapat dari Ahli Khurostan atau mayoritas Ulama’nya hukumnya ada dua yang paling shohih adalah tidak bole ( Hadza ) wajah kedua , boleh seperti sholat ghoib.

( Al Majmu’ Juz 5 Hal : 211 )

(قوله: لا على غائب عن مجلسه فيها) أي لا تصح الصلاة على ميت غائب عن مجلس من يريد الصلاة عليه، وهو حاضر في البلد، وإن كبرت البلد، لتيسر حضوره. وشبهوه بالقضاء على من بالبلد مع إمكان حضوره. وفي سم خلافه، ونص عبارته: المتجه أن المعتبر المشقة وعدمها. فحيث شق الحضور - ولو في البلد لكبرها ونحو - صحت، وحيث لا - ولو خارج السور - لم تصح. م ر. والاوجه في القرى المتقاربة جدرانها أنها كالقرية الواحدة.
{إعانة الطالبين الجز:2 ص:151 المكتبة الشاملة}

Tidak boleh melaksanakan sholat ghoib dari tempat oarang yang hendak menjalankan sholat ghoib sedangkan dia hadir di desa tersebut walaupun desa tersebut luas kawasanya karena adanya kemudahan untukmenghadirinya . di samakan dengan mendatangi undangan untukorang yang dari ddesa lain ketika ada waktu untuk hadir . pendapat yang Mutajjah : yang di jadikan dasar boleh dan tidaknya adalah adanya masyaqoh dan tidaknya , maka apabila sulit untuk hadir misalnya walaupun dalam satu desa karena luas kawasanya maka sah manjalankan sholat ghoib , dan apabila tidak ada ksulitan untuk hadir walaupun di luar desa maka tidak sah . Ar Romli . Al Aujah : desa yang berdekatan seperti satu desa .

( I’anatu Tholibin Juz : 2 Hal : 151)


Share this video :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2013. Islam Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger