Home » , , , » ANJURAN UNTUK BERDO'A PANJANG UMUR SELAMA BULAN ROJAB

ANJURAN UNTUK BERDO'A PANJANG UMUR SELAMA BULAN ROJAB

ANJURAN UNTUK BERDO'A PANJANG UMUR SELAMA BULAN RAJAB



Seperti kita ketahui bersama ketika memasuki bulan rojab , umat islam dianjurkan untuk banyak berdo'a untuk memohon keberkahan kepada Allah SWT diantaranya adalah do'a panjang umur supaya dapat menjumpai bulan bukan mulia yang akan datang .

Adapun do'a yang lazim di ucapkan adalah

اللهم بارك لنا فى رجب وشعبان وبلغنا رمضان 
" Ya Allah semoga engkau memberikan keberjahan kepada kita di bulan rojab dan sya'ban dan semoga engkau mempertemukan kami dengan bulan ramadhan " 

Sebagaimana do'a yang lazim di baca oleh masyarakat muslim ketika memasuki bulan rojab , do'a panjang umur juga pernah dilakukan oleh Rosulullah SAW , dalam satu riwayat disebutkan ketika memasuki bulan rojab Rosulullah SAW berdo'a : ya Allah semoga engkau memberi keberkahan kepada kita di bukan rojab dan sya'ban dan semoga engkau mempertemukan kami dengan bulan ramadhan. 

كان اذا دخل رجب قال اللهم بارك لنا فى رجب وشعبان وبلغنا رمضان 
" Rosulullah ketika memasuki bulan rojab beliau berdo'a : ya Allah berkahilah kita di dalam bulan rojab dan sya'ban dan pertemukanlah kami dengan bulan ramadhan " 

Merujuk pada riwayat hadist di atas Syeikh Ibnu Rojab berpandangan bahwa berdasarkan riwayat hadist tersebut dianjurkan bagi umat islam untuk berdo'a memohon dipanjangkan umur dengan harapan untuk menambah kebaikan dan memperbanyak amal shaleh di masa masa yang akan datang . 

قال ابن رجب فيه أن دليل ندب الدعاء بالبقاء إلى الأزمان الفاضلة لإدراك الأعمال الصالحة فيها فإن المؤمن لا يزيده عمره إلا خيرا
" Ibnu Rojab mengatakan bahwa pada hadist ini terdapat dalil kesunahan ( anjuran ) do'a panjang umur sampai pada waktu yang di utamakan ( dimuliakan ) supaya dapat menjalankan amal shaleh di dalamnya karena seorang mu'min tidak bertambah umur kecuali bertambah dalam kebaikan " ( Faidul Qodir juz 5 hal 131 )

Dari keterangan tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa seorang muslim seyogyanya memperhatikan bahwa dari bulan bulan qomariyah yang jumlahnya 12 bulan terdapat beberapa bulan yang dimuliakan oleh Allah diantaranya adalah bulan rojab . Bulan rojab selain bulan yang didalamnya terdapat peristiwa penting yaitu isra' mi'raj juga memiliki keistimewaan lainya . Setiap memasuki bulan rojab seorang muslim dianjurkan untuk berdo'a agar diberikan panjang umur dengan harapan dipertemukan bulan bulan mulia lainya seperti sya'ban dan ramadhan dengan harapan juga dengan seiring bertambahnya umur bertambah juga kebaikan yang dikerjakan karena pertambahan umur seorang muslim harus seiring dengan bertambahnya amal shaleh yang dilakukan .

Demikian semoga memberibmanfaat bagi kita semua dan Allah memberi kekuatan kepada kita untuk tetap berbuat kebaikan . Amiiin .

Share this video :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2013. Islam Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger